KELANA KOTA
Dugaan Ambruknya Jembatan Widang

Dinas PU Bina Marga: Belum Ada Aksi Pemerintah Pusat untuk Jembatan Timbang

Laporan Denza Perdana | Selasa, 17 April 2018 | 15:13 WIB
Ilustrasi, jembatan timbang dan sistem kerjanya. Foto: kampusundip.com
suarasurabaya.net - Ada wacana penyebab ambruknya Jembatan Widang, Tuban, Selasa (17/4/2018) akibat truk yang melintasi jembatan itu selalu kelebihan muatan.

Beberapa pihak menduga, ada pembiaran terhadap fenomena tersebut sehingga beban yang harus ditampung oleh Jembatan Widang terlalu berat.

Gatot Sulistiyo Hadi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Provinsi Jawa Timur mengatakan, hal ini kembali kepada penanganan jembatan timbang.

"Dulu jembatan timbang ini dari pemerintah provinsi diminta Pemerintah Pusat. Tapi tidak ada action dari Pemerintah Pusat," katanya kepada suarasurabaya.net, Selasa (17/4/2018).

Gatot mengatakan, lokasi jembatan timbang terdekat dari Jembatan Widang adalah di kawasan Lamongan. Namun, dia menduga fungsi jembatan timbang ini belum optimal.

Meski demikian, Gatot mengaku tidak bisa mengambil kesimpulan berkaitan dengan penyebab ambruknya Jembatan Widang, Tuban.

Dinas PU Bina Marga masih menunggu hasil investigasi yang sedang dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Sebelumnya, Gatot mengatakan, solusi tercepat untuk ambruknya Jembatan Widang adalah pembangunan jembatan darurat.

Jembatan darurat itu bisa berupa jembatan baja, yang menghubungkan kembali jembatan Widang yang telah runtuh. Namun harus dengan penanganan khusus.

Gatot mengatakan, bila tidak ada penanganan khusus dalam pembangunan dan operasional, jembatan darurat dimungkinkan ambruk kembali. (den/ino/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.