KELANA KOTA

Jaga Kedaulatan NKRI, Satgasmar Ambalat XXIII Jangan Sekadar Hadir

Laporan J. Totok Sumarno | Selasa, 17 April 2018 | 15:45 WIB
Keluarga melepas Satgasmar Ambalat XXIII menjaga kedaulatan NKRI. Foto: Dispen Kormar
suarasurabaya.net - Jaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, prajurit Korps Marinir TNI AL berangkat melaksanakan penugasan di Ambalat, dilepas Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, Komandan Pasmar-1 di lapangan apel Dislambair Koarmatim Surabaya, Jawa Timur, Selasa (17/4/2018).

Dalam sambutannya, Komandan Pasmar-1 menyampaikan sudah kesekian kalinya jajaran Pasmar-1 mengeluarkan prajurit-prajurit terbaiknya dalam rangka penugasan atau dalam rangka menegakkan kedaulatan Negara Republik Indonesia yang kita cintai ini.

Kepada prajurit Pasmar-1 yang tergabung dalam Satgas Ambalat ini, kalian adalah orang-orang yang dipercaya oleh pimpinan TNI Angkatan Laut, oleh Bangsa dan Negara, dan kepercayaan itu adalah merupakan kehormatan sekaligus kebanggaan selaku prajurit petarung Pasmar-1 yang mewakili Korps Marinir TNI AL.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa kehadiran para prajurit di daerah perbatasan yang notabene masih dalam kondisi rawan, diharapkan bisa bergabung dengan satuan-satuan lain yang berdinas di sana.

"Kalian juga bisa merapat dengan unsur masyarakat yang ada di sana, dengan tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh adat dan lain lainnya, sehingga kehadiran kalian betul-betul ditunggu dan bisa memudahkan pelaksanaan tugas sehari-hari di sana," terang Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, Komandan Pasmar-1.

Dalam pelaksanaan tugas, Komandan Pasmar-1 mengingatkan kepada seluruh prajurit yang tergabung dalam Satgasmar Ambalat XXIII agar menjaga nama baik dan nama besar Korps Marinir, jaga nama baik TNI Angkatan Laut.

"Di dada kalian tertulis Korps Marinir TNI AL, baret yang kalian gunakan, yang kalian pakai ini adalah salah satu penguat kepribadian kalian, bahwa kehadiran kalian memang betul-betul dibutuhkan oleh bangsa ini, yang dibutuhkan oleh rakyat di sana. Saya minta tidak hanya sekadar hadir, berikan kontribusi yang positif, berikan sesuatu yang terbaik buat bangsa dan negara ini," tegas Danpasmar-1.

Di akhir sambutannya, Komandan Pasmar-1 memberikan penekanan kepada seluruh prajurit yang tergabung dalam Satgasmar Ambalat XXIII supaya bisa melaksanakan tugas dengan baik, supaya meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Jaga selalu soliditas TNI dan Polri serta juga kepada unsur-unsur yang lain, jadikan kehadiran kalian betul-betul prajurit yang didambakan oleh masyarakat, cintai rakyat dan kehadiran kalian betul-betul bagai idola di sana," tambah Danpasmar-1.

Yang terakhir, lanjut Danpasmar-1 bahwa dalam setiap pergerakan tetap selalu waspada, waspada dan waspada, terutama di awal dan menjelang akhir, dalam penugasan.

"Dalam tugas sehari-hari, pada kalian semua bahwa ancaman itu tidak selalu datang di saat kondisi perang, tapi dalam kondisi situasi santai, situasi damai ancaman selalu datang, untuk itu senjata yang kalian pegang, senjata yang kalian bawa selalu melekat dalam tubuh kalian," tegas Danpasmar-1.

Dalam melaksanakan pergeseran ke daerah penugasan, Satgasmar Ambalat XXIII yang dipimpin oleh Dansatgas Kapten Marinir M. Yusuf Muchrom Pribadi menggunakan KRI Teluk Lampung-540 di Dermaga E Koarmatim.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Asops Danpasmar-1 Kolonel Marinir Nanang Saefulloh, S.E, Danmenart-1 Mar Kolonel Marinir Ainur Rofiq, Danmenkav-1 Mar Kolonel Marinir Arif Handono dan para pejabat teras di jajaran Pasmar-1 lainnya.(tok/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.