KELANA KOTA

Kemendikbud Minta Maaf Ada Gangguan Server Hari Pertama UNBK SMP

Laporan Jose Asmanu | Senin, 23 April 2018 | 19:01 WIB
Para siswa SMPN 1 Surabaya bergantian mendongeng untuk mengisi waktu saat menunggu server UNBK yang sempat down kembali pulih, Senin (23/4/2018). Foto: Abidin suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyampaikan permintaan maaf terkait adanya kendala pada pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Sekolah Menengah Pertama (SMP) di hari pertama.

Kendala tersebut berupa gangguan server di beberapa daerah yang mengakibatkan terjadinya penundaan ujian beberapa menit.

Kemdikbud menyampaikan permintaan maaf atas adanya gangguan server pada pelaksanaan UNBK hari ini yang mengakibatkan tertundanya pelaksanaan ujian beberapa menit.

Permintaan maaf itu disampaikan Ari Santoso Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM) Kemendikbud, melalui pesan tertulis yang dikirim dari Mataram, Nusa Tenggara Barat, Senin (23/4/2018).

Gangguan tersebut, kata Ari, terdapat di server pusat. Bagi sekolah-sekolah yang terkena dampak gangguan tersebut, Kemendikbud memberikan solusi dengan beberapa pilihan yaitu jadwal ujian dimundurkan, menambah sesi ujian, atau ikut serta dalam ujian susulan.

"Pada prinsipnya kendala tersebut tidak berakibat fatal terhadap pelaksanaan ujian, karena waktu pelaksanaan ujian dapat dimundurkan. Misalkan gangguan terjadi sekitar 30 menit, maka pelaksanaan ujian dapat dimundurkan 30 menit juga. Yang terpenting di sini adalah siswa tidak boleh dirugikan," kata Ari.

Dengan adanya kendala pada pelaksanaan ujian hari pertama, Ari berharap para siswa peserta ujian tidak resah dan tetap konsentrasi. "Peserta ujian jangan resah dan tetap konsentrasi, serta fokus pada pelaksanaan ujian. Kami akan terus memberikan pelayanan yang terbaik dalam pelaksanaan ujian nasional," pesan Ari.

Totok Suprayitno, Kabalitbang Kemdikbud, mengakui terjadi gangguan pada server pendukung UNBK sehingga mengalami keterlambatan proses pengerjaan soal ujian bagi peserta UNBK jenjang SMP dan MTs.

Keterlambatan rata rata terjadi antara 30 menit sampai satu jam. Akibatnya beberapa daerah mengalami kemunduran.

Sementara laporan yang disampaikan ke Kabalitbang, gangguan server UNBK terjadi di Surabaya, Malang, Yogyakarta, dan Jakarta.

Gangguan pada server ini sifat situasional dan masih bisa diatasi. Artinya tidak sampai membatalkan pelaksanaan UN. Hanya mengalami penundaan waktu.(jos/iss/ipg)

Teks Foto:
- Ari Santoso Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM) Kemendikbud.
Foto: Istimewa
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.