KELANA KOTA

Kurma Baik untuk Berbuka Puasa, Ini Kandungannya

Laporan Denza Perdana | Kamis, 17 Mei 2018 | 16:40 WIB
Ilustrasi Kurma. Foto: Hallosehat
suarasurabaya.net - Sebagian muslim memilih berbuka puasa dengan menyantap kurma karena memiliki sejumlah manfaat secara ilmiah, ini sebagaimana dibenarkan beberapa peneliti dari Birmingham City University di Inggris.

Peneliti, seperti dilansir Al Jazeera dikutip Antara mengatakan, kurma adalah makanan kaya energi dengan gula alami dan menyantapnya saat berbuka merupakan cara tepat untuk mengembalikan energi tubuh secara cepat.

Seperti dilansir Livestrong, konsumsi kurma tak akan meningkatkan kadar gula darah karena indeks glikemiknya rendah.

Kurma untuk berbuka juga disarankan Dr. Rita Ramayulis ahli nutrisi dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) karena mengandung glukosa, fruktosa dan sukrosanya. Di samping itu kurma juga kaya serat, kalium, potassium dan vitamin A.

"Konsumsi kurma basah, kalau enggak ada kurma kering. Satu kurma mengandung glukosa, fruktosa, sukrosa, serat, kalium, potassium dan vitamin A. Perpaduan sukrosa, glukosa dan fruktosa bisa menaikkan kadar gula sekaligus menstabilkannya," kata Rita dalam sebuah kesempatan.

Peneliti mengungkapkan, usai berbuka puasa dan saat tiba waktu makan, sebaiknya pilihlah yang seimbang yakni makanan mengandung karbohidrat seperti kentang, nasi dan roti, bersama dengan asupan sayuran yang baik, protein seperti daging atau ikan, dan susu untuk lemak alami.(ant/den/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.