KELANA KOTA

Jaga Stok Darah Aman Selama Ramadhan, PMI Surabaya Jemput Bola

Laporan J. Totok Sumarno | Selasa, 22 Mei 2018 | 16:22 WIB
Stok persediaan darah di PMI Surabaya. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - PMI Surabaya aktif menggelar layanan donor darah di tempat umum, atau tempat berkumpulnya masyarakat, sebagai upaya menjaga stok persediaan darah agar tetap aman selama Ramadhan. PMI Surabaya jemput bola.

Saat ini seperti disampaikan Triksi Hendria Kepala Humas Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Surabaya, stok persediaan darah di tempatnya memang masih aman dan tercukupi.

"Tetapi hal itu bukan jaminan bahwa selama Ramadhan stok persediaan darah kami aman. Kalau ada peristiwa luar biasa dan membutuhkan darah maka stok darah persediaan kami akan berkurang. Ini harus diantisipasi," terang Triksi, Selasa (22/5/2018).

Meskipun Ramadhan baru memasuki beberapa hari, lanjut Triksi, tetapi pihaknya tetap melakukan berbagai antisipasi diantaranya dengan melakukan jemput bola membuka layanan donor darah agar mudah dijangkau masyarakat.

"Kalau mereka yang sudah terbiasa mendonorkan darahnya melalui UTD PMI Kota Surabaya, maka kami tetap membuka layanan. Untuk masyarakat yang repot mendatangi kantor kami, bisa menuju layanan di Taman Bungkul," kata Triksi.

Dibuka mulai sekitar pukul 09.00 hingga 21.00, layanan donor darah di Taman Bungkul diharapkan juga memberikan dukungan bagi ketersediaan stok darah di PMI Surabaya selama Ramadhan kali ini.

Setiap hari, selama memasuki Ramadhan tahun ini, perolehan darah dari para pendonor melalui layanan UTD PMI Kota Surabaya, maupun melalui layanan di Taman Bungkul, ditegaskan Triksi masih aman.

"Maksudnya perolehan darah dari pendonor masih mencukupi. Masih aman. Namun demikian kami tetap berharap, bahwa para pendonor maupun masyarakat silahkan untuk mendonorkan darahnya," pungkas Triksi.

Sementara itu, untuk layanan di Taman Bungkul, pendonor tetap harus diperiksa kesehatan dan darahnya untuk bisa mendonorkan darahnya di layanan jemput bola tersebut.(tok/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.