KELANA KOTA
Info Mudik

Pengoperasian Perdana KA Sleeper Langsung Full!

Laporan Muchlis Fadjarudin | Selasa, 12 Juni 2018 | 14:01 WIB
Pengoperasian perdana kereta api kelas Luxury jenis Sleeper diberangkatkan melalui stasiun Gambir. Foto: Faiz suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Pengoperasian perdana kereta api kelas Luxury jenis Sleeper diberangkatkan melalui stasiun Gambir.

Pengoperasian perdana kereta api Sleeper ini dihadiri oleh Edi Sukmoro Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero dan jajaran direksi lainnya.

Edi mengatakan, pengoperasian perdana kereta api Sleeper ini hanya satu gerbong dalam rangkaian Kereta Api Argo Bromo Anggrek jurusan Jakarta-Surabaya.

"Pada kesempatan ini saya hadir untuk melepas kereta yang biasa disebut Sleeper sama teman-teman di Medsos. Ini kita lepas untuk percobaan. Jadi pada kesempatan ini masih satu kereta dengan Argo Bromo," ujar Edi di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (12/6/2018).


Jajaran direksi KAI memberi hormat kepada para penumpang saat kereta api Sleeper berangkat perdana dari stasiun Gambir Jakarta ke Gubeng Surabaya. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Kata dia, untuk tempat duduk berjumlah 18, dan masing-masing sendiri. Dalam masa promosi ini, penumpang diberikan gratis untuk makan dan minum.

"Satu kereta itu ada 18 Seat yang bisa tidur, dan pada kesempatan ini juga kita memberikan fasilitas seluruhnya makan minum semua gratis, sekaligus fasilitas-fasilitas seperti televisi charger dan segala macam ada semua," kata Edi

Menurut Edi, pada masa promo ini PT KAI hanya menyediakan empat perjalanan, masing-masing dua dari Jakarta dan dua dari Surabaya.

"Yang pasti bahwa kita hanya menyediakan empat kereta perjalanannya, dua dari sini dan dua dari Surabaya," jelasnya.

Dia menegaskan, ini akan menjadi tes market (pasar) apakah masyarakat menghendaki kereta api jenis Sleeper ini atau tidak. Sehingga, kalau memang permintaannya banyak, maka kereta bisa ditambah. PT KAI merasa bangga karena kereta ini produk dalam negeri yang dibuat PT INKA (Industri Kereta Api Indonesia).

"Satu hal yang ingin saya sampaikan bahwa kita harus bangga karena ini adalah buatan INKA. Ini menunjukkan bahwa kita sebagai bangsa mampu membuat kereta yang bagus," tegasnya.

Perjalanan kali ini, kata Edi, tiket 18 seat (tempat duduk) habis atau semua terisi. Pada masa Promo ini, harga tiketnya Rp 900 ribu karena untuk tes market (pasar). Sedang harga normalnya akan dihitung ulang sambil melihat animo masyarakat terhadap pengoperasian kereta Sleeper ini.

"Iya harga promonya Rp 900 ribu. Ini kan tujuannya untuk melihat masyarakat minat atau nggak untuk yang modelnya seperti ini. Untuk harga normalnya nanti akan dihitung ulang tapi yang pasti ini akan lebih tinggi sedikit dari kereta Priority," kata Edi.

Yang pasti, menurut Edi, PT KAI menyediakan kereta ini kepada masyarakat yang memang menghendaki istirahat langsung karena jarak jauh, sehingga pada saat sampai di tempat tujuan mereka bisa segar atau fresh kembali dan bekerja atau beraktivitas.

Sekadar diketahui PT KAI mulai menjual Kereta Sleeper untuk perjalanan mudik dan balik lebaran 2018.

Kereta Sleeper ini memiliki fitur-fitur berupa Sudut reclining kursi hingga maximum 170 derajat, Kursi dengan pedestal (alas) kaki lipat, Cup holder, Meja lipat, Locker box dengan cermin dan USB power charger untuk smartphone, Headset port 3.5 mm untuk audio, LCD TV 12 inch dikontrol dengan remote control untuk multimedia, Kantong majalah, Lampu baca, dan buzzer untuk pemanggil penumpang kepada kru kereta.

Kereta Sleeper ini dirangkaikan pada KA Argo Bromo Anggrek dari kedua arahnya, baik keberangkatan Gambir dan keberangkatan dari Surabaya Pasar Turi. Tarif Promo Luxury Class Sleeper Train untuk keberangkatan 12-25 Juni 2018.(faz/dwi)
Editor: Dwi Yuli Handayani



Komentar Anda
Komentar 1
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
X
BACA LAINNYA