KELANA KOTA
Info Mudik

Wakapolri: Pelayanan dan Pengamanan Arus Mudik di Bandara Soekarno-Hatta Baik

Laporan Farid Kusuma | Selasa, 12 Juni 2018 | 18:27 WIB
Komjen Pol Syafruddin Wakapolri beserta rombongan memantau pelayanan dan pengamanan arus mudik di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (12/6/2018). Foto: Farid suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Komisaris Jenderal Polisi (Komjen) Syafruddin Wakapolri, Selasa (12/6/2018) siang, memantau pengamanan dan pelayanan transportasi udara yang akan digunakan masyarakat mudik, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Rombongan jenderal polisi bintang tiga itu tiba sekitar pukul 10.45 WIB, bersama Brigjen Pol Purwadi Arianto Wakapolda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono Kabid Humas Polda Metro Jaya, dan AKBP Victor Togi Tambunan Kapolres Bandara Soetta.

Di Terminal 1B, rombongan Wakapolri disambut Suriawan Wakan Eksekutif General Manager Angkasa Pura II, Soekarno-Hatta, dan langsung meninjau terminal keberangkatan yang sudah dipenuhi calon pemudik.

Sesudah memantau Terminal 1, Wakapolri beserta rombongan menaiki Skytrain menuju Terminal 3.

Pantauan suarasurabaya.net di Terminal 3 Ultimate, tidak terlalu ramai calon penumpang pesawat, seperti di Terminal 1.

Di Terminal 3, Komjen Syafruddin memantau pelayanan dan pengamanan di gerbang penerbangan internasional dan juga domestik.

"Alhamdulillah, transportasi publik sekarang sudah sangat layak untuk dimanfaatkan masyarakat yang melaksanakan mudik lebaran. Kemarin saya meninjau Stasiun Gambir, di sana pelayanan dan pengamanan sudah berjalan baik. Hal yang sama baik juga terlihat di Bandara Soekarno-Hatta," kata Wakapolri, Selasa (12/6/2018).

Tahun ini, Polres Bandara Soekarno-Hatta mengerahkan 325 personel dalam Operasi Ketupat untuk bersiaga pada Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah. Jumlah itu sudah dibantu personel TNI dan Aviation Security (Avsec).

Pihak Bandara Soekarno-Hatta juga memperkuat patroli jalan kaki yang terus berkeliling. Patroli itu melengkapi pengawasan dari 1.900 unit CCTV yang tersebar di seluruh kawasan bandara.

Sementara itu, Suriawan Wakan Eksekutif General Manager Angkasa Pura II, Soekarno Hatta, hari ini calon penumpang tidak terlalu banyak karena puncak arus mudik di Bandara Soekarno-Hatta terjadi tanggal 8 dan 9 Juni 2018.

Dia memprediksi, kepadatan akan kembali terjadi besok tanggal 13 Juni 2018, atau H-2 Lebaran.

Sekadar diketahui, sampai pada H-3 Lebaran tahun ini, PT Angkasa Pura II sudah melayani lebih dari 1 juta penumpang, di 15 Bandara yang dikelola.

Data realisasi sementara penumpang Angkutan Lebaran 2018 sampai dengan hari ketiga adalah sebanyak 1.036.166 atau naik 14,5 persen dibanding tahun lalu pada periode yang sama yaitu sebanyak 903.538.

Pertumbuhan dengan prosentase tertinggi ada pada Bandara Banyuwangi, mencapai 133,5 persen, kemudian Bandara Silangit (39,5 persen), Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang (23,8 persen), Bandara Internasional Minangkabau Padang (20,4 persen) dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang (18,5 persen).

Untuk pergerakan penumpang angkutan lebaran, mayoritas ada di Bandara Soekarno-Hatta sebanyak 615.566 penumpang atau naik 15 persen dibanding tahun lalu, kemudian Bandara Kualanamu sebanyak 94.938 (8,5 persen) dalam waktu tiga hari terakhir. (rid/tna/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.