KELANA KOTA

Sore Ini, Jembatan Kali Kuto Resmi Dibuka

Laporan Agustina Suminar | Rabu, 13 Juni 2018 | 13:29 WIB
Pekerja menyelesaikan pembangunan Jembatan Kali Kuto di ruas Tol Batang-Semarang di Sambongsari, Weleri, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (2/6/2018). Foto: Antara
suarasurabaya.net - Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan mengatakan, Jembatan Kali Kuto yang menghubungkan jalur tol fungsional Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, akan dibuka hari ini Rabu (13/6/2018) mulai pukul 17.00 WIB.

"Saya lihat penyelesainnnya sudah banyak kemajuan dan nanti sore Bapak Menteri PUPR Basuki Hadimulyono akan membuka dan uji coba menggunakan mobil lewat jembatan ini," kata Budi Karya Menhub kepada pers di Gringsing, Jawa Tengah, Rabu.

Hal itu disampaikan saat dirinya yang didampingi Budi Setiyadi Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Rahardjo Dirut PT Jada Raharja, dan Desi Arryani Dirut PT Jasa Marga meninjau pembangunan jembatan itu.

Menurut Menhub, jembatan ini masih berstatus fungsional dan hanya diberlakukan satu arah yang akan digunakan mudik dan balik.

Nanti usai digunakan mudik dan balik, kata Budi Karya, Jembatan Kali Kuto akan ditutup kembali dan untuk penyelesaian pembangunannya.

Untuk memberikan keamanan bagi pengemudi, marka jalan sementara akan disiapkan, juga ditempatkan petugas keamanan.

"Pengemudi tentu harus hati-hati melewati jembatan ini karena masih berstatus fungsional. Nanti akan ada petugas yang mengarahkan," kata Menhub dilansir Antara.

Jembatan Kali Kuto bisa digunakan satu jalur dan dua lajur untuk pemudik yang menggunakan mobil pribadi karena jembatan itu baru berstatus fungsional belum operasional.

Menhub dalam kesempatan itu juga mengimbau agar pemudik jangan terlalu konsentrasi melalui jalan tol. Tetapi bisa gunakan jalan nasional non tol.

"Saya kemarin lewat jalan darat dari Cikopo Ke Cirebon dan kondisi jalan bagus dan lancar," kata Menhub.(ant/tna/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.