KELANA KOTA

Aa Gym Khotib Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal

Laporan Jose Asmanu | Kamis, 14 Juni 2018 | 15:46 WIB
Suasana Masjid Istiqlal Jakarta menjelang pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1438 Hijriah, Minggu (25/6/2017). Foto : Farid Kusuma suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Abu Hurairah Abdul Salam Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal mengatakan, Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) ditunjuk menjadi Khatib shalat Idul Fitri 1439 H di Masjid Istiqlal, Jakata, Jumat (15/6/2018). Sedangkan yang ditunjuk untuk bertindak sebagai imam shalat Hasanuddin Sinaga.

Jusuf Kalla Wakil Presiden dan keluarga, menurut rencana akan shalat Idul Fitri di Masjid Istiqlal bersama para menteri Kabinet Kerja dan para pejabat lembaga negara. Mereka akan salat berjamaah bersama para duta besar negara sahabat serta puluhan ribu umat muslim lainnya.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang didapat suarasurabaya.net, Joko Widodo Presiden beserta keluarga akan Shalat Idul Fitri di Bogor. Padahal sebelumnya, Jokowi berencana Shalat Id di Solo.

Abu Hurairah Abdul Salam mengatakan, dia berharap agar para jemaah datang lebih awal untuk menghindari kepadatan di sekitar pintu-pintu masuk masjid Istiqlal. Dia juga berharap jemaah sudah berwudu dari rumah.

"Bagi jemaah yang datang, kalau mau (ikut,red) saf di dalam masjid, shalat Subuh-lah di Istiqlal atau datang lebih awal," ujar Abu Hurairah.

Para jemaah yang khawatir tidak mendapatkan tempat salat di dalam masjid juga diimbau untuk membawa sajadah, koran atau alas salat lainnya. "Jangan ditinggal, kalau tidak dipakai buang di tempat sampah yang ada, atau dibawa pulang ke rumah," kata Abu Hurairah.

Rencananya, Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal juga akan menggelar takbir bersama, pada Kamis (14/6/2018) petang mulai pukul 19.30 WIB. Takbir akan digelar di lantai utama Masjid Istiqlal, dipimpin oleh Imam Masjid Istiqlal.(jos/den)
Editor: Denza Perdana



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.