KELANA KOTA

Pelan Tapi Pasti, Kereta Sleeper Mulai Diminati Penumpang dari Surabaya

Laporan Anggi Widya Permani | Kamis, 14 Juni 2018 | 16:40 WIB
Pengoperasian perdana kereta api kelas Luxury jenis Sleeper diberangkatkan melalui stasiun Gambir, Selasa (12/6/2018). Foto: Dok/Faiz suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Meski baru diresmikan sekaligus beroperasi pada Selasa (12/6/2018), kereta mewah sleeper diminati penumpang. Gatut Sutiyatmoko Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya mengatakan, kereta yang dirangkai dengan KA Argo Bromo Anggrek itu selalu dalam kondisi penuh, terutama keberangkatan dari stasiun Gambir-Surabaya Pasarturi.

Sedangkan untuk keberangkatan Surabaya Pasarturi-Gambir, pada awal beroperasinya kereta Sleeper ini, cenderung sedikit penumpang yang berminat. Gatut mengatakan pada hari pertama, dari 18 seat yang tersedia, hanya ada dua orang penumpang yang naik kereta sleeper tujuan Jakarta.

"Kalau yang dari Jakarta kesini, penuh. Tapi sebaliknya, dari Surabaya kesana masih sedikit. Hari pertama itu, paginya cuma dua penumpang. Malamnya juga cuma dua penumpang," kata Gatut Kamis (14/6/2018).

Peningkatan minat penumpang terjadi pada hari berikutnya. Jumlah penumpang kereta sleeper dari Surabaya Pasarturi- Gambir pada hari kedua beroperasi sudah mencapai 14 penumpang. Bahkan, untuk periode tanggal 16-25 Juni 2018, tiket kereta sleeper saat ini sudah habis terjual.

"Semakin meningkat jumlah penumpangnya. Dari cuma dua orang saja, besoknya 12 orang, terus 14 orang dan tanggal 16-25 Juni mendatang, 18 seat sudah habis terjual alias sold out," tuturnya.

Gatut mengatakan, habisnya tiket kereta sleeper itu diluar prediksinya selama ini. Mengingat tiket kereta sleeper dibandrol dengan harga yang cukup mahal, yakni sebesar Rp 900.000 per orang. Namun fasilitas yang ditawarkan cukup banyak, mulai dari kursi yang dapat direbahkan 170 derajat secara elektrik, sandaran kaki elektrik, private entertainment berupa TV 12 inchi dengan headset, hingga makan dan minum gratis.

Untuk beberapa jadwal keberangkatan kereta sleeper, kata Gatut, sebagai berikut:

1. KA Argo Bromo Anggrek (Stasiun Surabaya Pasarturi - Stasiun Gambir), berangkat pukul 08.00 WIB, tiba pukul 17.00 WIB.

2. KA Argo Bromo Anggrek (Stasiun Gambir - Stasiun Surabaya Pasarturi), berangkat pukul 09.30 WIB, tiba pukul 18.30 WIB.

3. KA Argo Bromo Anggrek (Stasiun Surabaya Pasarturi - Stasiun Gambir), berangkat pukul 20.00 WIB, tiba pukul 05.00 WIB.

4. KA Argo Bromo Anggrek (Stasiun Gambir - Stasiun Surabaya Pasarturi), berangkat pukul 21.30 WIB, tiba pukul 06.30 WIB. (ang/den)
Editor: Denza Perdana



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.