KELANA KOTA

Sehari Jelang Lebaran, Sentra Perdagangan di Surabaya Lengang

Laporan J. Totok Sumarno | Kamis, 14 Juni 2018 | 18:31 WIB
Kawasan Ampel yang biasanya padat, sehari jelang Lebaran nampak lengang. Foto: Totok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Sehari menjelang Lebaran 2018, beberapa sentra perdagangan di Kota Surabaya yang biasanya padat dan ramai, Kamis (14/6/2018) tampak lengang. Tidak terlihat aktivitas orang berbelanja seperti pada hari-hari sebelumnya.

Sepanjang kawasan Jl. Kembang Jepun yang biasanya padat, ditandai dengan parkir kendaraan roda empat maupun truk yang berjajar-jajar membongkar muat angkutannya, sehari jelang Lebaran 2018 kesibukan itu tidak terlihat.

Di kiri kanan jalan Kembang Jepun, toko maupun perkantoran dan bank yang biasanya terlihat sibuk dengan berbagai aktivitas warga masyarakat di sana, hari ini, sejak sekitar pukul 12.00 WIB tidak terlihat kesibukan atau aktivitas berarti.

"Kami tutup sampai setengah hari saja. Sebelum jam 12, karyawan sudah pulang semua. Ini perintah dari pusat, kami tutup setengah hari saja. Layanan nasabah juga setengah hari saja," ujar Kusyanto satpam sebuah bank di Jl. Kembang Jepun.

Tidak jauh berbeda dengan kawasan Jl. Kembang Jepun, pemandangan serupa juga terlihat di sekitar sentra perdagangan sekaligus kawasan Wisata Religi Ampel. Beberapa ruas jalan yang biasanya padat dan dipenuhi aktivitas bongkar muat juga tampak lengang.

Deretan toko aneka bahan bangunan, bahan industri makanan, maupun perlengkapan rumah tangga di sepanjang kawasan Jl. KH Mas Mansyur tidak banyak terlihat aktivitas perdagangan.

Justru sebagaian besar toko yang ada sudah menutup pintu dan rolling door sejak sebelum jam 12.00. Beberapa toko penjual bahan minyak wangi, juga alat perlengkapan sholat di kawasan Jl. Panggung, di antaranya masih membuka lebar pintu tokonya.

Sentra penjual ikan, di Pasar Pabean, Kamis (14/6/2018), masih tetap beraktivitas tetapi tidak sepadat pada hari-hari sebelumnya. Beberapa laki-laki mengenakan sepatu boot karet masih terlihat mondar-mandir membawa ember plastik.

"Sudah pada pulang kampung kayaknya. Biasanya lebih ramai dari sekarang ini. Besok sudah Lebaran, makanya toko-toko ada tutup, banyak yang pulang ke kampung masing-masing Takbiran nanti malam," ujar Rohyati pemilik lapak aneka ikan di Pabean, Kamis (14/6/2018).(tok/den)
Editor: Denza Perdana



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.