KELANA KOTA
Info Mudik

Lalu Lintas Padat, Tol Fungsional Pandaan-Malang Buka Dua Arah Bergiliran

Laporan Denza Perdana | Senin, 18 Juni 2018 | 21:35 WIB
Kepadatan antrean kendaraan di exit tol Lemahbang di tol Pandaan-Malang. Foto: Istimewa.
suarasurabaya.net - Sejak Senin (18/6/2018) pagi, jalur Malang-Surabaya padat kendaraan. Antrean kendaraan bahkan sempat mencapai tiga kilometer di Exit Tol Pandaan. Demikian halnya kendaraan dari Surabaya. PJR dan Pengelola Tol pun memutuskan membuka Tol Fungsional Pandaan-Malang dua arah secara bergiliran.

Sumantri Manajer Operasional PT Jasamarga Pandaan Tol mengatakan, awalnya tol fungsional itu dibuka Senin pagi pukul 07.00 WIB untuk jalur Malang-Surabaya saja. Namun, pihak kepolisian meminta tol fungsional dibuka untuk jalur Surabaya-Malang karena terjadi kepadatan kendaraan di jalur arteri.

"Akhirnya kami membuka ruas Pandaan-Lemahbang pukul 09.11 WIB untuk mengurai kepadatan kendaraan jalur Surabaya-Malang," ujarnye ketika dihubungi suarasurabaya.net melalui pesan WhatsApp.

Tol Fungsional Pandaan-Malang, sesuai saran Jasamarga, tidak difungsikan setelah pukul 17.00 WIB. Deni petugas Senkom Jasa Marga Gempol-Pandaan mengatakan, tol fungsional itu ditutup tepat waktu dan akan dibuka kembali besok, Selasa (19/6/2018) pagi.

"Seperti sebelumnya, tol akan dibuka pukul 07.00 WIB. Tapi kami informasikan, besok rencananya ada rekayasa buka tutup dua arah secara bergiliran seperti hari ini," katanya.

Dia menjelaskan, Tol Fungsional Pandaan-Malang akan dibuka untuk ruas Surabaya-Malang mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB. Selanjutnya, jalur ini akan ditutup, karena jalur Malang-Surabaya mulai dibuka pukul 14.00 WIB sampai tol fungsional benar-benar ditutup pukul 17.00 WIB.

"Rekayasa ini sesuai permintaan dari pihak kepolisian. Mengingat hari ini ruas yang padat memang dari dua arah, baik dari Malang maupun dari Surabaya," kata Deni.

Sementara itu, Deni mengatakan, sampai Senin malam sekitar pukul 21.00 WIB, terpantau masih terjadi antrean kendaraan di Pintu Masuk Tol Pandaan. Atrean kendaraan ini, meski tidak sepadat Senin pagi, mencapai kurang lebih 50 meter, atau sekitar 20-25 kendaraan.(den)
Editor: Zumrotul Abidin



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.