KELANA KOTA

Kebakaran di Lereng Lawu, Ratusan Pendaki Dievakuasi

Laporan Zumrotul Abidin | Kamis, 21 Juni 2018 | 11:31 WIB
Para pendaki yang dievakuasi di jalur Cemoro Sewu Magetan. Foto: Fery via redaksi suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Hutan di lereng Gunung Lawu mengalami kebakaran sejak Selasa (19/6/2018) petang. Ratusan pendaki dievakuasi dan jalur pendakian Gunung Lawu ditutup untuk sementara waktu.

Fery Yoga Saputra Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magetan mengatakan, untuk posisi titik kebakaran kemarin berada di sisi Kabupaten Karang Anyar, Jawa Tengah. Titik api semula ada di 4 lokasi, tapi Rabu (20/6/2018) kemarin tinggal 1 titik api dan dini hari tadi sudah berhasil dipadamkan.

"Meski kebakaran dominan di jalur Karang Anyar, tapi untuk jalur pendakian di Cemoro Sewu Magetan juga kami tutup untuk antisipasi keselamatan pendaki," ujarnya kepada Radio Suara Surabaya, Kamis (21/6/2018).

Fery mengatakan, jumlah pendaki yang dari jalur Karang Anyar mencapai ratusan orang. Sedangkan yang mellui jalur Cemoro Sewu hanya puluhan orang.

"Sebenarnya kalau pendakian melalui Cemoro Sewu relatif aman dan ada kemungkinan jalur pendakian akan dibuka, menunggu koordinasi," ujarnya.

Fery belum bisa memastikan penyebab kebakaran itu, tapi menurut pengalaman setiap tahun tahun lereng Lawu sering terbakar. Penyebabnya bisa jadi karena ada pendaki yang lupa memadamkan api unggun.

"Kami mengimbau untuk pendaki jangan lupa untuk mematikan perapian atau api unggun. Pastikan benar-benar padam sebelum ditinggal," ujarnya. (bid/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
X
BACA LAINNYA