KELANA KOTA

Pilkada Serentak di Jatim Dapat Perhatian KPU RI dan Pemantau Internasional

Laporan Jose Asmanu | Kamis, 21 Juni 2018 | 17:13 WIB
Ilustrasi
suarasurabaya.net - Arief Budiman Ketua KPU RI mengatakan pelaksanaan Pilkada serentak di Jatim, akan menjadi fokus perhatian KPU RI dan lembaga penyelenggara Pemilu Internasional.

Pilkada serentak di Jatim, mendapat perhatian khusus KPU dan pemantau internasional, selain jumlah pemilihnya cukup signifikan Jatim mempunyai karekteristik tersendiri, yang bisa dijadikan referensi daerah lain dalam penyelenggaraan Pemilu Legislatif maupun Pilpres.

Sedang hari pencoblosan, KPU bersama tim pemantau termasuk dari luar negeri akan melakukan survey beberapa TPS di Surabaya.

Kesempatan ini juga akan dipergunakan untuk memonitor pelaksanaan Pilkada di daerah lain.

Hasil dan temuan yang menonjol pada pelaksanaan Pilkada serentak tersebut, akan disampaikan di Surabaya, sekaligus sebagai penutup kegiatan KPU di Surabaya, kata Arief kepada SS di Jakarta, Kamis 21 Juni 2018.

Pada kesempatan itu KPU menyampaikan statemen penting sehubungan dengan pelaksanaan Pilkada sereta 2018, serta akan mendengarkan masukan dari berbagai pihak.

Karena pelaksanaan Pilkada menjadi wewenang KPU Propinsi Kabupaten kota, KPU tidak akan mencampuri apa yang menjadi wewenang KPUD.

Sehari menjelang pelaksaanaa pilkada atau Selasa 26 juni 2018, KPU akan menyelenggaraan EVP Election Visipil Program di Surabaya.

Yakni seminar internasional tentang Pemilu. Acara akan diikuti penyelenggara Pemilu, pemantau Pemilu dar negeri maupun internasional.

Arief Budiman mengajak masyarakat jatim ikut mensukseskan Pilkada dan menggunakan hak pilihnya penuh tanggung jawab berdasarkan hati nurani masing masing. (jos/rst)


Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 1
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.