KELANA KOTA

50 tahun Ubaya, Gelar Konferensi Internasional

Laporan J. Totok Sumarno | Selasa, 10 Juli 2018 | 16:57 WIB
Foto bersama peserta konferensi internasional di Ubaya Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Universitas Surabaya (Ubaya) menjadi tuan rumah 105 pemimpin Institusi Perguruan Tinggi dari 26 negara yang tergabung dalam Association of Universities of Asia and the Pacific (AUAP) tepat di usia ke 50 tahun.

Ubaya sebagai member, menjadi tuan rumah Konferensi AUAP ke-33 mulai tanggal 9-11 Juli 2018.

Konferensi bertema: Membangun Kesinambungan Institusi Perguruan Tinggi di Era Digital, dibuka bersama-sama oleh Rektor Ubaya, President AUAP dan President IAUP.

"Ubaya sebagai anggota AUAP tahun ini. Ada sekitar 105 pimpinan perguruan tinggi diwilayah Asia hadir. Dan semoga kami mampu menyelenggarakan konferensi ini dengan baik," ujar Prof. Ir. Joniarto Parung, MMBAT, Ph.D., Rektor Ubaya.

Konferensi AUAP bertujuan saling bertukar dan berbagi langkah-langkah terbaik antar Institusi Perguruan Tinggi, dalam mengimplementasikan berbagai program inovatif memperkuat dan mempertahankan eksistensi jangka panjang sebagai lembaga pendidikan.

Prof. Ir. Joniarto Parung, MMBAT, Ph.D., menambahkan bahwa tema Koferensi AUAP ke-33 kali ini sengaja dipilih membahas tantangan yang sedang dihadapi oleh Perguruan Tinggi.

"Tantangan yang dihadapi saat ini adalah keberlanjutan Perguruan Tinggi di tengah perkembangan teknologi, khususnya di era revolusi industri 4.0, perubahan perilaku konsumen, kesadaran lingkungan yg semakin tinggi, maupun efek globalisasi terhadap ekonomi dan persaingan. Harapannya melalui konferensi ini, bisa disesuaikan dengan kebutuhan Perguruan Tinggi baru dan lama untuk bisa bertahan," tambah Joniarto Parung.

5 pembicara utama Dr. Bala Kumble (CEO dan Direktur Global Knowledge Alliance, Australia), Dr. Nemuel Daniel Pah (Wakil Rektor I UBAYA), Dr. Toyoshi Satow (Ketua Dewan Direksi IAUP), Dr. Pornchai Mongkhonvanit (Dewan Asosiasi Internasional Universitas) dan Dr. Kakha Shengelia (Presiden IAUP dan Presiden Universitas Caucasus).

Pada konferensi kali ini, selain menghadirkan beragam pembicara, lebih dari 100 pimpinan universitas berbagai negara juga hadir. Diantaranya dari Australia, Azerbaijan State, Bangladesh, Canada, China, Ghana, India, Indonesia, Iran, Pakistan, Korea Selatan, Afrika Selatan, Taiwan, Sudan, Amerika Serikat, Thailand, Austria, Costa Rica, Denmark, Estonia, Georgia, Jepang, Malaysia, Meksiko, Filipina dan Tanzania.

Pada kesempatan yang sama, Selasa (10/7/2018) Ubaya (Universitas Surabaya) juga menjadi tuan rumah gabungan konferensi Association of Universities of Asia and the Pacific (AUAP) dan International Association of University Presidents (IAUP).(tok/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.