KELANA KOTA

Cetak KTP-el di Surabaya Kini Sehari Jadi

Laporan Denza Perdana | Rabu, 11 Juli 2018 | 18:03 WIB
Suasana pelayanan pencetakan dan perekaman KTP-el di Siola, Rabu (11/7/2018). Foto: Humas Pemkot Surabaya
suarasurabaya.net - Pelayanan KTP elektronik di Kantor Dispendukcapil Surabaya sekarang sudah bisa one day service (pelayanan dalam sehari) alias bisa sehari jadi.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemkot Surabaya untuk mempercepat pelayanan pencetakan KTP-el. Terutama setelah beberapa kali sidak Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya.

Rabu (11/7/2018) siang tadi, Risma kembali melakukan sidak di Kantor Dispendukcapil Surabaya di Mal Perizinan Siola. Situasi pelayanan, menurut Risma, sudah lebih teratur.

Beberapa hal yang telah dilakukan, di antaranya penambahan jumlah komputer untuk pengambilan nomor antrean, khusus untuk permohonan cetak KTP-el.

Selain itu, ada dua tambahan printer e-KTP untuk kebutuhan pencetakan KTP-el bagi pemohon yang data NIK-nya tergolong siap cetak. Juga penambahan sejumlah finger scan untuk aktivasi NIK.

Soeharto Wardoyo Kepala Dispendukcapil Surabaya menjamin, pencetakan KTP-el saat ini sudah bisa sehari jadi dengan syarat NIK pemohon sudah siap cetak (print ready record).

"Jadi, total alat cetak saat ini berjumlah 11 buah dan layanan pencetakan e-KTP yang sudah siap cetak mulai sekarang saya sampaikan one day service," ujarnya.

Untuk memastikan kelancaran antrean pencetakan KTP-el ini, beberapa OPD Pemkot Surabaya dilibatkan.

Salah satunya, Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah (DPBT) yang menerjunkan petugasnya untuk mengatur penanda dan zonasi alur pelayanan kependudukan.

Sedangkan Bagian Layanan Pengadaan dan Pengelolaan Aset Pemkot Surabaya juga berkontribusi melalui pengadaan komputer tambahan, supaya pelayanan jauh lebih cepat.

Kepala Dispendukcapil Surabaya pun optimistis, dengan adanya percepatan pelayanan yang mampu melayani pencetakan KTP-el sehari jadi ini, target penyelesaian cetak KTP-el bisa dicapai dalam waktu seminggu.

"Sekarang ini, dari 32 ribu KTP-el yang siap cetak sudah turun menjadi 17 ribu NIK. Persediaan blangkonya sekarang sebanyak 23 ribu e-KTP," ujarnya.

Data Dispendukcapil Surabaya untuk pencetakan KTP-el hingga Rabu sore tadi, jumlahnya bisa menembus angka 3.268. Sehingga jumlah KTP-el siap cetak yang tersisa saat ini 13.882 NIK.

Jumlah ini masih akan bertambah, sebab pada hari kerja, yakni pada Senin-Jumat, Kantor Dispendukcapil Surabaya di Siola akan melayani pencetakan dan perekaman KTP-el hingga pukul 21.00 WIB.

"Saya sampaikan juga, hari Sabtu kami juga buka sampai sore," ujarnya.

Meski demikian, target seminggu yang dinyatakan oleh Anang (panggilan akrab Kepala Dispendukcapil Surabaya), memang tidak sesuai dengan waktu yang ditargetkan Risma. Sebelumnya Risma menargetkan, penyelesaian KTP-el yang siap cetak sebanyak 32 ribu bisa diselesaikan dalam waktu tiga hari.(den/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 1
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.