KELANA KOTA

Viral, Momo Challenge Tantang Orang Lukai Diri Sendiri hingga Bunuh Diri

Laporan Dwi Yuli Handayani | Selasa, 07 Agustus 2018 | 09:16 WIB
Momo Challenge. Foto: worldofbuzz.com
suarasurabaya.net - Beberapa hari ini warganet dibuat resah oleh Momo Challenge. Momo Challenge adalah sebuah tantangan untuk melukai diri sendiri hingga bunuh diri.

Seperti dilansir dari liputan6, menyasar anak-anak sebagai korbannya, tantangan tersebut diketahui sudah memakan korban di Argentina.

Di balik korban dan misteri Momo Challenge yang ramai di media sosial, ada beberapa fakta menarik tentang tantangan tersebut yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Berawal dari Media Sosial
Seperti pesan-pesan berantai lainnya, Momo Challenge mulai "menghantui" warganet melalui salah satu aplikasi olah pesan, yakni WhatsApp. Awalnya, gambar mengerikan dari sesosok wanita ini ramai beredar di media sosial. Dalam deskripsinya, warganet yang melihat gambar tersebut untuk mengirimkan pesan kepadanya melalui WhatsApp. Demikian dilansir Fox News, Senin (6/8/2018). Ketika dihubungi, akun Momo tersebut akan mengirimkan pesan berisikan ancaman untuk "muncul" di malam hari atau mengutuk orang yang tidak membalas rangkaian pesannya. Dari berbagai informasi, nomor ponsel yang digunakan oleh pelaku penyebar pesan tersebut berasal dari berbagai negara, seperti Jepang, Kolombia hingga Meksiko.

2. Ancam Pengguna untuk Menyakiti Diri Sendiri
Masih ingat dengan Blue Whale Challenge yang hebohkan warganet pada 2017? Serupa dengan tantangan tersebut, Momo Challenge memaksa pengguna untuk menyakiti diri mereka sendiri atau informasi pribadi mereka akan disebar di Internet. Aplikasi tersebut mengancam pengguna untuk menyakiti orang terdekat, sehingga memaksa mereka melakukan apa yang "Momo" katakan. Salah satu orangtua dari Cutral mengklaim permainan itu mengancam anaknya yang berumur 15 tahun. Profil tersebut mengirim pesan kepada gadis itu dengan serangkaian gambar orang mati dan mengancam rumah, keluarga, serta teman-temannya jika ia tidak menanggapi.

3. Pakai Foto Pahatan
Diwartakan 9News, foto profil Momo di WhatsApp memakai gambar yang dipotong dari patung wanita burung buatan Link Factory, sebuah perusahaan efek khusus di Jepang. Menurut KnowYourMeme, foto itu pertama kali di-posting ke Instagram Link Factory via akun @nanaakooo pada 25 Agustus 2016. Kala itu, patung Momo berada di galeri seni di Ginza, Tokyo, dan merupakan bagian dari pameran tentang hantu. Demikian yang dilansir BBC. Pengguna Instagram lainnya (@ma_kimodo_shi dan @j_s_rock) juga mem-posting foto patung serupa pada hari yang sama.

4. Ramai Jadi Pembicaraan
Berselang dua tahun kemudian, foto tersebut menjadi bagian penting dari aplikasi Momo. Foto tersebut baru menjadi perhatian ketika pengguna Reddit AlmightySosa00 mengunggah foto itu ke subreddit r/creepy pada 10 Juli 2018. Hanya dalam waktu 48 jam di posting, gambar itu mengantongi 4.700 vote dan 900 komentar. Sehari kemudian, YouTuber ReignBot meng-upload video foto itu dengan judul "Exploring the Momo Situation." Dalam videonya, ia menyisipkan cerita rakyat dan nomor ponsel WhatsApp tersebut. ReignBot menyebutkan, penyebaran foto Momo ini sulit untuk ditelusuri.

5. Satu Kasus Bunuh Diri
Diketahui, pihak berwenang di Argentina sempat mengeluarkan peringatan kepada orangtua setelah seorang remaja tewas karena Momo Challenge tersebut. Fox News melaporkan, seorang gadis berusia 12 tahun bunuh diri di distrik Escobar, di kota Ingeniero Maschwitz karena berhubungan dengan tantangan itu. Gadis itu tewas dengan menggantung dirinya di pohon halaman belakang rumahnya. The Buenos Aires Times melaporkan, ia merekam aksinya di smartphone sebelum bunuh diri. (lip6/dwi)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.