KELANA KOTA

Jokowi Pilih KH Ma'ruf Amin sebagai Cawapres Pendamping di Pilpres 2019

Laporan Farid Kusuma | Kamis, 09 Agustus 2018 | 19:11 WIB
Joko Widodo didampingi pimpinan parpol koalisi mengumumkan pasangan Jokowi dengan KH Ma'ruf Amin sebagai bakal capres 2019-2024, di Restoran Plataran Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018). Foto: Farid suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Teka teki figur calon wakil presiden pendamping Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilu 2019 akhirnya terjawab.

Kamis (9/8/2018) petang, Jokowi didampingi pimpinan sembilan partai politik pendukungnya, mengumumkan nama KH Ma'ruf Amin sebagai cawapres periode 2019-2024, di sebuah restoran kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Menurut Jokowi, alasan utama memilih KH Ma'ruf Amin, karena tokoh yang menjabat Rois Aam Nahdatlul Ulama, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Wantimpres, merupakan sosok pemuka agama yang bijaksana.

Seluruh pimpinan partai koalisi, yaitu PDI Perjuangan, Golkar, PPP, PKB, Nasdem, Hanura, PSI, Perindo dan PKPI, kata Jokowi, sudah bersepakat dan menandatangani surat dukungan.

"Ketua umum dan sekjen embilan partai koalisi Indonesia Kerja sudah sepakat dan menandatangani surat dukungan pasangan Jokowi dan KH Ma'ruf Amin," ujar Jokowi di Restoran Plataran, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018).

Berdasarkan informasi, Jokowi dan KH Ma'ruf Amin akan mendaftar sebagai pasangan bakal calon presiden ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jumat (10/8/2018) pagi, sebelum masuk waktu Salat Jumat.

Rencananya, pasangan calon presiden periode 2019-2024 itu berkumpul bersama ketua umum dan sekjen parpol koalisi, di Gedung Joeang 45, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pukul 8.00 WIB.

Kemudian, rombongan bersama-sama menuju Kantor KPU yang berjarak sekitar 4 kilometer, menaiki mobil hias.

Usai mendaftar, Jokowi-Ma'ruf Amin bersama rombongan akan bergerak menuju Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta Pusat, untuk melaksanakan ibadah Salat Jumat. (rid/tin)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.