KELANA KOTA

Kepadatan Saat Wisuda ITS, Hindari Jalur dan Waktu Berikut Ini

Laporan Agustina Suminar | Sabtu, 15 September 2018 | 08:20 WIB
Ilustrasi. Foto: www.its.ac.id
suarasurabaya.net - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Sabtu (15/9/2018) hari ini sampai Minggu (16/9/2018) besok, menyelenggarakan wisuda periode September. Untuk itu, para pengendara yang melewati daerah ITS diimbau untuk lebih berhati-hati karena padatnya volume kendaraan.

Melania Protokoler Humas ITS kepada Radio Suara Surabaya mengatakan, bahwa jumlah wisudawan/wisudawati pada periode September sangat banyak. Untuk hari ini saja, ujarnya, ITS memwisuda 777 wisudawan. Dengan total wisudawan pada periode ini berjumlah 3.613 wisudawan yang dibagi pada tanggal 15, 16, 21 dan 22 September 2018.

"Ada 2 gelombang, mohon maaf untuk pengendara jalan yang akan melewati daerah ITS. Jadi kalau pagi itu kan pengantarnya banyak," katanya, Sabtu (15/9/2018).

Ia juga mengatakan, bahwa kemungkinan jalan raya diluar ITS akan ditutup separuh jika jumlah kendaraan membludak dan parkir dalam kampus tidak memenuhi.

"Kalau yang September ini kadang-kadang yang mengantar sangat banyak sekali. Nah, kalau sampai nggak cukup parkir di dalam (kampus, red), maka jalan raya di sebelah ITS itu kami tutup separuh. Jadi nanti hanya dibuka yang sisi luar ITS, atau sisi kiri arah PTC," ujarnya.

Hal ini dikarenakan banyaknya pengantar yang biasanya ikut datang ke kampus menggunakan kendaraan massal.

"Kkarena kadang orang-orang itu kadang sampai bawa bis, padahal kami sudah membatasi. Kita sebenarnya di dalam sudah punya parkir yang sangat luas, tapi kalau september ini memang membludak sangat banyak," tambahnya.

Namun Melania menegaskan, jika parkir dalam kampus memang cukup menampung kendaraan para pengantar wisudawan, maka penutupan separuh jalan itu dibatalkan. Hanya saja ia mengimbau para pengendara karena arus lalu lintas mungkin akan tersendat.

Ia juga menyarankan para pengendara untuk mengindari jalanan sekitaran ITS di waktu-waktu pembubaran wisudawan/wisudawati, yakni pukul 11.30-13.00 WIB.

Ditambah, adanya arak-arakan dari para mahasiswa yang biasanya dilakukan setelah pembubaran acara.

"Departemen-departemen di ITS itu ada kebiasaan adik kelas itu mengarak kakak-kakak kelasnya. Ini biasanya jam 12.00 sampai 13.30 WIB, setelah itu selesai. Sebenanrya sudah kami atur, tapi karena departemen yang sangat antusias, jadi kami usahakan betul untuk meminimalisir kepadatan," tutupnya.(tin/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.