KELANA KOTA

KBRI Ukraina Terima Barong Bali

Laporan J. Totok Sumarno | Selasa, 25 September 2018 | 20:31 WIB
Yuddy Chrisnandi Duta Besar RI di Ukraina (kanan) menerima rombongan DPRD Badung Bali yang memberikan cenderamata Barong. Foto: Istimewa
suarasurabaya.net - DPRD Badung, Bali menyumbangkan Patung Barong kepada KBRI di Kota Kiev pada kunjungan kerjanya di Ukraina.

Barong berukuran kira-kira panjang 3 meter dan tinggi 2 meter tersebut dibawa khusus ke Ukraina sebagai buah tangan yang diharapkan dapat mempererat hubungan DPRD badung dan KBRI Ukraina.

I Putu Parwata, Ketua DPRD Badung, Bali menyampaikan tujuan sumbangan ini supaya warga Ukraina lebih mengenal budaya Bali yang diwakili oleh Barong tersebut.

Parwata juga menyampaikan jika Barong yang merupakan simbol kebaikan dan kekuatan yang diharapkan bisa memperkuat mental para pemimpin yang mengabdi kepada negara.

"Semoga Barong yang melambangkan kekuatan serta simbol kebaikan yang memang khusus kami datangkan dari Bali ini juga memberikan semangat atau support bagi warga di KBRI Ukraina. Ini simbol kebaikan," terang Parwata.

Barong seberat sekitar 80 kg ini diterima langsung oleh Yuddy Chrisnandi Duta Besar RI di Ukraina, yang juga menyampaikan bahwa Barong ini bisa menjadi media pertukaran budaya Indonesia dan Ukraina selain juga untuk menambah wawasan warga Ukraina tentang beragamnya budaya Indonesia.

Kunjungan kerja selama lima hari tersebut diharapkan dapat menambah wawasan bagi para anggota DPRD Badung untuk studi banding bagaimana negara Ukraina mengelola pariwisata dan pertamanan.

Di Ukraina sendiri regulasi pertamanan sudah berjalan sejak lama terutama untuk masalah penebangan pohon.

Jika masyarakat Ukraina ingin menebang pohon, mereka harus mengganti dengan pohon baru atau membayar sejumlah uang sebagai penggantinya.

Selain itu anggota DPRD, seperti dilansir dalam siaran persnya, Selasa (25/9/2018) juga ingin belajar bagaimana Ukraina bisa secara khusus menganggarkan budget seeffisien mungkin untuk taman-taman kota.

I Putu Parwata juga menyampaikan jika Bali dan Ukraina memiliki kesamaan keinginan dalam bidang pariwisata, yaitu ingin memperkenalkan pariwisatanya hingga ke mancanegara, sehingga Bali semakin populer dan banyak diketahui oleh negara-negara lain.(tok/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.