KELANA KOTA

Garin Nugroho: Kita Minim Pendamping Buat Mereka yang Berbakat

Laporan J. Totok Sumarno | Jumat, 12 Oktober 2018 | 15:42 WIB
Garin Nugroho sutradara papan atas Indonesia saat hadir di Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Berdasarkan pengalamannya, Garin Nugroho sineas mengingatkan bahwa di negeri ini banyak sekali anak muda berbakat, multi talenta di banyak bidang termasuk kesenian dan kebudayaan. Tetapi sayangnya, tidak banyak pendamping yang mengasah bakat dan talenta itu.

"Sehingga bakat dan keterampilan atau talenta itu menjadi hilang. Karena talenta dan bakat itu bisa jadi dipengaruhi oleh banyak hal. Penari misalnya, pada usia tertentu tubuhnya tidak lagi lentur. Ini persoalan," kata Garin Nugroho.

Garin mencontohkan sejumlah nama pekerja seni dan seniman di Indonesia dengan talenta masing-masing yang pernah ditanganinya, ternyata memang sejatinya mereka memiliki bakat serta talenta dan Garin hanya membantu menemukan itu.

"Saya pernah minta sama Peni (Peni Candra Rini) untuk mempelajari suara atau nyanyian-nyanyian yang ada dikawasan Indonesia timur, dan dia bisa. Ini yang perlu terus digali dan dilakukan. Mendampingi untuk menemukan bakat-bakat itu," tegas Garin.

Padahal di luar negeri sana, kata Garin hal itu sangat penting dan dibutuhkan oleh siapapun termasuk generasi muda agar menemukan bakat dan talentanya sehingga mereka mampu menemukan dan pada akhirnya membuat karya-karya yang bagus.

"Belajar dan terus belajar untuk menampilkan bakat-bakat itu menjadi penting. Untuk sebuah film yang akan saya buat, dapat dipastikan saya butuh banyak literatur dan buku untuk memulainya," kata Garin.

Oleh karena itu Garin mengingatkan bahwa di negeri ini banyak sekali anak muda berbakat, tetapi minim sekali orang-orang yang mau mendampingi mereka untuk menemukan sesuatu sesuai dengan bakat yang dimiliki.

Garin Nugroho, Jumat (12/10/2018) hadir di CGV BG Junction Surabaya, selain mengawal screening Nyai, dijadwalkan juga akan memberikan materi-materi sinematografi pada master class untuk komunitas film dan anak muda di Kota Surabaya.(tok/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.