KELANA KOTA

HUT ke-341, Pemkab Bojonegoro Lakukan Ritual Pengambilan Api Abadi

Laporan Agustina Suminar | Jumat, 19 Oktober 2018 | 08:52 WIB
Ritual tari-tarian yang dilakukan sebelum pengambilan api abadi di Kayangan Api pada HUT Bojonegoro. Foto: jatengpos.com
suarasurabaya.net - Tepat hari ini akan menjadi hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Bojonegoro yang ke-341. Merayakan hari jadinya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro menggelar prosesi pengambilan api abadi di Kayangan Api Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem.

Pengambilan api abadi dilakukan pukul 13.00 diawali dengan pengambilan di sumber api oleh Kepala Desa Sendangharjo bersama juru kunci. Kemudian diserahkan kepada Camat Ngasem untuk dibawa ke pendopo.

Amir Sahid Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Bojonegoro mengatakan sebelum melakukan pengambilan api abadi, sebelumnya akan dilakukan beberapa ritual terlebih dahulu.

"Nantinya ritual ini akan melibatkan 13 waranggana yang mengitari sumber api sebanyak tujuh kali yang diikuti Muspika, kades dan pembawa tumpeng," jelasnya seperti yang dilaporkan Joe dari Radio Suara Bojonegoro Indah dalam Jaring Radio Suara Surabaya, Jumat (19/10/2018).

Kirab api abadi dari Kahyangan Api dilakukan secara estafet oleh pejabat daerah. Puncaknya nanti malam dalam acara Grebeg Berkah Jonegaran bersama ribuan masyarakat di alun-alun kota. (dim)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.