KELANA KOTA

Angkat Tema Pahlawan Nasional, Berikut Rute Parade Juang 2018

Laporan Agustina Suminar | Jumat, 09 November 2018 | 09:10 WIB
Atraksi teatrikal yang digelar dalam Parade Surabaya Juang 2016. Foto: Dok/Denza suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Untuk memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November besok, Pemkot Surabaya kembali menggelar acara tahunan Parade Surabaya Juang. Parade tahunan ini akan digelar pada Minggu (11/10/2018) dan melibatkan ratusan peserta yang ikut dalam barisan ini.

Parade Juang 2018 dimulai dari Tugu Pahlawan dan berakhir di Taman Bungkul Surabaya, dengan rute Jalan Pahlawan - Jalan Gemblongan - Jalan Tunjungan - Siola - Jalan Gubernur Suryo - Jalan Panglima Sudirman - Jalan Urip Sumoharjo - Jalan Dharmo - Polisi Istimewa - Taman bungkul.

Ratusan peserta yang ikut menyemarakkan parade ini antara lain mulai dari teatrikal perang oleh Rooderbrug, drumband dan barisan pahlawan dari pelajar sekolah, paskibraka, barisan veteran, dan lain sebagainya.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini Parade Juang akan menampilkan teatrikal pahlawan Pangeran Diponegoro. Pangeran Diponegoro diangkat untuk menghormati tidak hanya pahlawan dari Surabaya atau Jawa Timur saja, namun juga pahlawan-pahlawan di Indonesia.

Selain itu, pameran sepeda motor kuno juga ikut menyemarakkan Parade Juang tahun ini yang bertempat di Gedung Siola Surabaya. Di bidang seni, ada juga Sosiawan Leak dan Ine Febriyanti seorang pekerja seni yang akan membacakan syair bertema perjuangan di depan Siola.

Serangkaian acara ini bertujuan untuk menanamkan jiwa kepahlawanan dan memupuk semangat kebangsaan generasi muda dan menebar nilai-nlai pahlawan di Indonesia.(tin/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.