KELANA KOTA

Dampak Terburuk Usai Minum Rebusan Pembalut

Laporan Ika Suryani Syarief | Jumat, 09 November 2018 | 23:02 WIB
Ilustrasi. Foto: stocksy.com
suarasurabaya.net - Meminum rebusan pembalut wanita, salah satunya mengandung chlorine bisa membuat seseorang keracunan yang bisa berujung kematian.

"Kalau terpapar dalam jumlah banyak bisa menyebabkan kematian," ujar Kombes Pol. Drs. Mufti Djusnir, MSi, Apt, ahli kimia farmasi dari Badan Narkotika Nasional (BNN) seperti dilansir Antara, Jumat (9/11/2018).

Menurut dia, setidaknya organ-organ tubuh semisal ginjal dan liver akan terkena "getahnya" chlorine. Fungsi organ ini rusak perlahan-lahan. Jika sudah rusak, fungsinya tak bisa normal kembali.

Lebih lanjut, para peminum rebusan pembalut mungkin merasa fly. Padahal yang terjadi mereka mengalami pusing karena keracunan chlorine.

"Chlorine memang tergolong antiseptik, antimikroba tetapi berisiko. Kalau sampai diminum bahaya. Saat penyerapan oleh tubuh, kalau memang dia zatnya beracun, biasanya ada reaksi tubuh yang spontan. Tubuh punya semacam alarm, kalau ada yang aneh-aneh, tubuh akan mengeluarkan," papar Mufti.

"Begitu dia pakai, itu sugesti dia sudah nge-fly. Padahal bisa jadi itu keracunan," sambung dia.

BNN menemukan, praktik meminum rebusan pembalut sudah ada sejak dua tahun silam. Namun, mereka baru menangkap tangan para pelaku belakangan ini. Kasus remaja mabuk rebusan pembalut terjadi di beberapa wilayah tanah air, yakni di Jawa Tengah, Jawa Barat dan DKI Jakarta. Perilaku ini para remaja anggap sebagai alternatif untuk 'nge-fly'

"Masalah penyalahguna menggunakan pembalut itu kami BNN baru menangkap tangan. Beberapa waktu lalu sudah ada informasi penyalahgunaannya, sekitar dua tahun lalu," kata Mufti. (ant/iss/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.