KELANA KOTA
Insiden Penonton Surabaya Membara

Jalur KA di Viaduk Jalan Pahlawan Adalah Jalur Aktif

Laporan Anggi Widya Permani | Jumat, 09 November 2018 | 22:07 WIB
Keramaian penonton pascakecelakaan menjelang drama kolosal Surabaya Membara dimulai, Jumat (9/11/2018) malam. Foto: Abidin suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Belasan orang yang akan menonton drama kolosal Surabaya Membara terluka saat kereta api melintas di viaduk Jalan Pahlawan, Surabaya, Jumat (9/11/2018) malam.

Gatut Sutiyatmoko Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya mengatakan, kereta api yang melintas adalah KRD Sidoarjo-Surabaya Pasar Turi.

Jalur KA tersebut setiap hari aktif dilewati KA penumpang dan barang. Sangat berbahaya bermain di jalur KA apalagi di jembatan atau viaduk karena KA tidak dapat mengerem mendadak.

"KA sudah membunyikan semboyan 35 (seruling lokomotif) dan sudah berupaya mengurangi kecepatan sampai lk 15 km/jam. Padahal, kecepatan normal di jalur itu hanya 30 km/jam," ujarnya.

Sementara itu, Kombes Pol Rudi Setiawan Kapolrestabes Surabaya yang turun langsung ke lokasi mengatakan, menurut saksi mata memang saat itu ada beberapa masyarakat yang duduk di viaduk. Kemudian ada kereta yang lewat dan penonton berjatuhan. Polisi masih terus mendalami kasus ini, termasuk mengecek kereta dan siapa masinisnya.

"Pemicunya bukan karena lokasi yang sesak tapi memang masyarakat mengambil tempat yang salah. Semestinya tidak duduk di viaduk dan sebelumnya juga sempat ada petugas yang memberikan imbauan," kata dia.

Sementara itu berdasarkan pantauan di lokasi, masyarakat masih ada beberapa yang mendekati TKP, sebagian sudah berangsur pulang.(ang/iss/ipg)

Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
X
BACA LAINNYA