KELANA KOTA

Sering Dikenakan Nelson Mandela, Batik Indonesia Diserbu Warga Afsel

Laporan Agustina Suminar | Minggu, 09 Desember 2018 | 18:46 WIB
Ilustrasi. Foto: Antara
suarasurabaya.net - Lebih dari 200 pengunjung dari komunitas diplomatik, pengusaha, dan warga Pretoria menyerbu stan Indonesia untuk berburu batik dan makanan tradisional dalam acara Diplomatic Fun Fair 2018 yang diselenggarakan Kementerian Luar Negeri Afrika Selatan di Ditsong Pioneer Museum, Sabtu (8/12/2018).

Salman Al-Farisi Duta Besar Indonesia untuk Afrika Selatan merangkap Republik Botswana, Kerajaan Swaziland dan Kerajaan Lesotho, Minggu (9/12/2018), mengatakan warga Afrika Selatan punya kesan khusus pada batik, yang kerap dikenakan oleh Nelson Mandela, tokoh anti-Apartheid yang memimpin negeri itu pada periode 1994-1999.

Warga Afrika Selatan, menurut dia, menyebut batik sebagai Madiba Shirt atau kemeja Madiba, panggilan akrab Nelson Mandela.

Dalam ajang Diplomatic Fun Fair itu, stan Indonesia juga menyajikan kopi dan aneka makanan termasuk sate ayam, mi goreng dan nasi goreng, serta memperkenalkan kue tradisional seperti klepon dan onde-onde.


Kementerian Luar Negeri Afrika Selatan rutin menggelar Diplomatic Fun Fair setiap tahun. Acara tahun ini diikuti 15 perwakilan negara, yakni Benin, Botswana, RRT, Kongo, Ghana, Indonesia, Jepang, Mali, Mauritius, Palestina, Portugal, Somalia, Sri Lanka, Tanzania, dan Thailand.

Dalam acara yang dihadiri sekitar 2.000 pengunjung itu, stan Indonesia mendapat penghargaan sebagai The Most Entertaining Stall, yakni stan yang paling menghibur.(ant/tin)
Editor: Denza Perdana



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.