KELANA KOTA

Kepentingan Konservasi, Kawah Ijen akan Ditutup Sekali Sebulan

Laporan Iping Supingah | Selasa, 11 Desember 2018 | 18:07 WIB
Kawah Ijen Banyuwangi. Foto: Antara
suarasurabaya.net - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) wilayah V Jawa Timur memberlakuakn penutupan total pendakian Kawah Gunung Ijen selama sehari setiap bulannya. Penutupan dilakukan setiap hari Jumat, pada minggu pertama di setiap bulannya.

Sumpena Kepala BKSDA wilayah V Jatim mengatakan penutupan wisata alam Gunung Ijen ini bertujuan untuk memulihkan ekosistem yang ada di kawasan Gunung Ijen.

Kata Supena, untuk mengantisipasi pelanggar peraturan baru ini, pihaknya akan melakukan penjagaan mulai dari pintu masuk hingga pos di puncak gunung.

"Nantinya untuk mengantisipasi kemungkinan masih adanya wisatawan maupun penambang yang masih nekat mendaki pada hari yang sudah ditentukan itu, BKSDA akan menempatkan petugas di setiap pos," ungkap Sumpena seperti disampaikan Edwien dari Radio Mandala Banyuwangi dalam Jaring Radio Suara Surabaya, Selasa (11/12/2018).(dim/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.