KELANA KOTA

Kembali Gelar OTT, KPK Menangkap Bupati Cianjur

Laporan Farid Kusuma | Rabu, 12 Desember 2018 | 17:01 WIB
Ilustrasi. Foto: Antara
suarasurabaya.net - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), hari ini, Rabu (12/12/2018), kembali menggelar operasi tangkap tangan (OTT), di daerah Cianjur, Jawa Barat.

Dalam proses penindakan hukum itu, Tim Komisi Antirasuah menangkap sekitar enam orang yang diduga terlibat praktik korupsi. Seorang di antaranya Irvan Rivano Muchtar Bupati Cianjur.

Selain itu, ada oknum Kepala Dinas dan Kepala Bidang, dari unsur Musyawarah Kerja Kepala Sekolah daerah Cianjur yang ikut diciduk KPK.

Informasi itu dibenarkan oleh Febri Diansyah Juru Bicara KPK. Menurutnya, Tim KPK dari subuh hari ini melakukan operasi penangkapan di Cianjur.

Sesudah menemukan bukti awal dugaan praktik suap yang melibatkan penyelenggara negara, enam orang yang terindikasi terlibat langsung dibawa ke Kantor KPK untuk diperiksa lebih lanjut.

Dari lokasi, kata Febri, Tim KPK menemukan barang bukti berupa uang yang jumlahnya sekitar Rp1,5 miliar.

KPK menduga, uang itu dikumpulkan dari kepala sekolah untuk kemudian disetor ke Bupati Cianjur.

Febri menambahkan, KPK punya waktu maksimal 24 jam untuk memeriksa orang-orang yang tertangkap, terhitung dari waktu penangkapan, kemudian menentukan status hukumnya.

Sekadar diketahui, penindakan hukum di Cianjur ini tercatat sebagai OTT KPK ke-28 terhadap oknum penyelenggara negara yang diduga melakukan tindak pidana korupsi, sepanjang tahun 2018. (rid/dim/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.