KELANA KOTA

Jember Dilewati Tol Trans Jawa

Laporan Agustina Suminar | Kamis, 10 Januari 2019 | 14:19 WIB
Ilustrasi. Foto: Antara.
suarasurabaya.net - Faida Bupati Jember dan Abdul Muqit Wakil Bupati Jember mendatangi Kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Jakarta, Rabu (9/1/2019) sore untuk menyampaikan ucapan terima kasih atas rencana penambahan ruas tol Trans Jawa di Kabupaten Jember.

"Kami mewakili masyarakat Jember mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Presiden Joko Widodo dan Kementerian PUPR karena jalan tol yang melewati Jember akan sangat membantu percepatan pembangunan," kata Faida dikutip Antara.

Sebelumnya rencana tol Trans Jawa tidak memasukkan Kabupaten Jember sebagai salah satu ruas jalan tol. Faida menjelaskan, Kabupaten Jember akan menjadi bandara embarkasi haji yang akan mengakomodasi jemaah haji dan umroh dari enam kabupaten di sekitarnya. Potensi itu harus disinergikan dengan pembangunan infrastruktur jalan tol.

"Jumlah jemaah haji dari Jember dan kabupaten sekitarnya setiap tahun mencapai 8 ribu orang, 3 ribu di antaranya adalah jemaah haji dari Kabupaten Jember," kata bupati perempuan pertama di Jember itu.

Selain itu, potensi perkembangan industri dan pariwisata Kabupaten Jember juga sangat potensial dan perlu ditunjang penambahan infrastruktur. Demikian halnya perkembangan perkebunan, pertanian, dan sektor lain di kabupaten itu, yang menurutnya juga cukup besar.

Anita Firmanti Sekjen Kementerian PUPR mengatakan, kajian ruas jalan tol memang diarahkan untuk percepatan pembangunan di daerah. Agenda ruas jalan tol melewati Jember segera dibahas secara menyeluruh bersama Menteri PUPR, mengingat potensinya yang cukup tinggi. (ant/wil)
Editor: Denza Perdana



Komentar Anda
Komentar 2
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.