KELANA KOTA

Nyai Nihayah Ahmad Shiddiq Wafat di Jember

Laporan Agustina Suminar | Jumat, 11 Januari 2019 | 08:06 WIB
Nyai Nihayah Ahmad Shiidiq, istri almarhum KH Ahmad Shiddiq mantan Rois Aam PBNU. Foto: Istimewa
suarasurabaya.net - Nyai Nihayah Ahmad Shiddiq, istri almarhum KH Ahmad Shiddiq mantan Rois Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yakni wafat di Rumah Sakit "Jember Klinik" pada Kamis (10/1/2019) malam.

"Innalillah wa inna ilaihi rojiun, warga NU berduka cita atas meninggalnya Bu Nyai Nihayah dan semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT, amin ya robbal alamin," kata Misbahus Salam Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jember di Jember, Jumat (11/1/2019).

Menurutnya, bu Nyai Nihayah memiliki peranan yang sangat penting dalam mendampingi suaminya KH Ahmad Shiddiq dalam perjalanan NU menuju khittahnya dan penerimaan NU terhadap Pancasila melalui Muktamar di Situbondo.

"Peranan beliau dalam memberikan motivasi dan dukungan kepada almarhum KH Ahmad Siddiq juga diakui banyak tokoh NU lainnya, sehingga Bu Nyai Nihayah juga menjadi tokoh perempuan NU yang diteladani oleh banyak tokoh nasional," ucapnya.

Semasa hidupnya, lanjut dia, Pengasuh Pondok Pesantren Islam Ashtra Jember tersebut pernah menjabat sebagai Ketua Fatayat selama tiga periode dan Ketua Muslimat NU Cabang Jember selama empat periode berturut-turut karena sosok beliau yang selalu istiqomah.

"Beliau juga pernah menjadi anggota DPRD Jember, sehingga Bu Nyai Nihayah memiliki peranan yang luar biasa bagi perkembangan perempuan NU dan masyarakat di Jember," katanya dilansir Antara.

Misbahus Salam menjelaskan rencananya jenazah Bu Nyai Nihayah akan dimakamkan di Kompleks Pemakaman Al Ghofilin di Jalan HOS Cokroaminoto gang panili blok 10 atau sebelah barat Masjid Al Ghofilin Jember pada Jumat ini pukul 08.00 WIB.

Dalam biografinya yang ditulis sejumlah tokoh NU, KH Ahmad Shiddiq dan Nihayah binti Kh Mujib memiliki delapan anak yakni Asni Furaidah, Moh. Robith Hasyami, Moh. Syakib Sidqi, Mohammad Hisyarm Rifqi, Ken Ismi Afrik Rozana, Nida Dusturia, Mohammad Balya Firjaun Barlaman, dan Mohammad Muslim Mahdi.(ant/tin)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.