KELANA KOTA

Jadi Rektor Terpilih ITS, Ini yang Akan Dilakukan Prof. Ashari dalam Waktu Dekat

Laporan Agung Hari Baskoro | Jumat, 11 Januari 2019 | 20:43 WIB
Prof. Mochamad Ashari Rektor terpilih ITS Periode 2019-2024. Foto: Baskoro suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Terpilih menjadi Rektor ITS Periode 2019-2024, Prof. Mochamad Ashari akan merombak laboratorium-laboratorium yang ada di ITS yang sebagian besar dibangun pada tahun 1980. Ia mengatakan, perombakan ini sangat penting karena laboratorium menjadi ujung tombak riset di ITS. Menurutnya, Laboratorium tersebut harus dirombak dengan baik dan tetap relevan hingga 10-20 tahun ke depan.

"Kami ingin waktunya untuk dirombak. Tapi dengan dana sendiri susah. Maka kita coba nanti untuk berkoordinasi dengan Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, red) untuk upgrading lab ini. sebenarnya sudah masuk di Bappenas, tapi perlu kita revisi," kata Prof. Ashari ketika ditemui di Gedung Rektorat ITS, Surabaya, Jumat (11/1/2019).

Prof. Ashari akan melakukan evaluasi ulang pada laboratorium-laboratorium yang akan dirombak dan menentukan rencana upgrading yang lebih modern. Ia mengaku akan melakukan rencana perombakan ini di awal-awal kepemimpinannya pasca dilantik pada April 2019 mendatang.

Selain perombakan laboratorium sebagai ujung tombak riset, ia juga berkeinginan untuk meningkatkan reputasi ITS khususnya di pemeringkatan kampus tingkat dunia dan nasional.

Khusus pemeringkatan kampus oleh Kemenristek Dikti yang dikeluarkan setiap bulan Agustus, ia akan segera melakukan pembenahan administrasi pendataan prestasi ITS agar bisa dilaporkan semua ke Kemenristek Dikti.

"Kalau kita April (dilantik sebagai rektor, red) kita akan coba benahi itu, persiapkan itu segera setelah dilantik. Juni-Juli pengambilan data (prestasi, red)," katanya.

Ia mengatakan, pada dasarnya banyak mahasiswa ITS yang berprestasi dan menang hingga ke mancangera. Prestasi-prestasi itulah yang harus dicatat semua dan dilaporkan ke Kemenristek Dikti.

"Jangan sampai lewat. Kita punya prestasi itu dicatat kemudian kita laporkan. Karena sistemnya seperti itu. Itu salah satu contohnya. Jangan sampai karena administrasi, jadi berkurang (peringkat ITS di Kemenristek Dikti, red)," pungkas Rektor terpilih ITS ini.

Sebagai Informasi, Prof. Mochamad Ashari terpilih menjadi Rektor ITS periode 2019-2024 dalam Rapat Pleno Majelis Wali Amant (MWA) pada Jumat (11/1/2019). Prof. Ashari akan menggantikan Prof. Joni Hermana Rektor ITS Sebelumnya. MWA mengatakan Prof. Ashari akan dilantik sekitar tanggal 13 April 2019 mendatang. (bas/dim/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.