KELANA KOTA

3,5 Ton Cat Dihabiskan Untuk Percantik Jalan Panggung

Laporan Agung Hari Baskoro | Sabtu, 05 Januari 2019 | 11:37 WIB
Para petugas Dinas PU Cipta Karya mempersiapkan cat untuk mewarnai bangunan di Jalan Panggung Surabaya Utara. Foto: Baskoro suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Pengecatan bangunan di sepanjang Jalan Panggung membutuhkan kurang lebih 3.5 ton cat. Proyek ini menjadi bagian dari revitalisasi kawasan wisata Kota Tua Surabaya Utara yang digagas Pemerintah Kota Surabaya.

Eri Cahyadi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) mengatakan, pengecatan juga akan dilakukan di beberapa tempat bersejarah lain, seperti Jalan Karet, Kembang Jepun, dan Ampel.

Untuk pengecatan, Eri mengaku Pemkot Surabaya bekerjasama dengan beberapa perusahaan cat untuk yang memiliki komitmen bersama membangun kawasan Kota Tua Surabaya. Khusus di Jalan Panggung, Pemerintah Kota Surabaya mempercayakan pengecatan menggunakan produk dari PT Indana Paint.

Donny Setiawan Manager Area Surabaya PT Indana Paint mengatakan, pihaknya memang sudah terbiasa bekerjasama untuk mengecat kampung-kampung terutama yang bertema warna-warni. Ia mengaku, perusahaan catnya mau mendukung upaya Revitalisasi ini karena ingin membangkitkan kampung bersejarah di Jalan Panggung agar lebih bersih dan menarik.


Ia mengaku, ketika diberitahu oleh Pihak Pemkot bahwa Konsep pengecatan jalan Panggung bercorak warna-warni, ia langsung menyatakan bersedia. Sebelumnya, pabrikan cat ini sudah berpengalaman menghias kampung di Kampung Jodipan dan Kampung 3D di Malang. ia berharap, dampak positif revitalisasi bisa dirasakan juga di Jalan Panggung seperti yang terjadi di Malang.

"Dari situ, masyarakatnya jadi mandiri. Bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, seperti berjualan di depan rumah. cendera mata, makanan, minuman dan jadi pemandu wisata," ujarnya ketika ditemui di Jalan Panggung, Surabaya, pada Sabtu (5/1/2019).

Ada beberapa pabrikan cat yang ikut serta dalam proyek revitalisasi Kota Tua Surabaya Utara. Salah satunya Jalan Panggung yang menggunakan produk Indana berupa cat dinding merek Mix One dan cat besi merek Nitrolux, pengecatan Kembang Jepun memakai produk Nippon Paint, dan Jalan Karet menggunakan produk Dulux.

Sebagai informasi, rencana revitalisasi Kota Tua Surabaya Utara mencuat ketika Tri Rismaharini pada Oktober 2018 mengatakan ingin membenahi kawasan Surabaya Utara. Rencana ini akhirnya berhasil disepakati pada November 2018 dan direncanakan bisa selesai pada bulan Mei 2019, tepatnya sebelum ulang tahun Kota Surabaya. (bas/bid/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.