KELANA KOTA

Hari Terakhir Menjabat, Pakde Karwo Pamit di Hadapan Forkopimda dan Kepala Daerah

Laporan Denza Perdana | Senin, 11 Februari 2019 | 21:10 WIB
Soekarwo Gubernur Jawa Timur di acara Malam Purna Tugas di Gedung Negara Grahadi, Senin (11/2/2019) malam. Foto: Denza suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Sejumlah tokoh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), bupati, dan wali kota di Jawa Timur memenuhi undangan Soekarwo Gubernur Jawa Timur di acara Malam Purna Tugas di Gedung Negara Grahadi, Senin (11/2/2019) malam ini.

Di acara ini, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur yang akan segera dilantik, juga hadir memenuhi undangan.

Pakde Karwo didampingi Nina Soekarwo istrinya, di atas podium sudah berpamitan kepada hadirin. Seperti biasanya, dengan guyonannya Pakde Karwo mengatakan, amplop gaji tinggal satu.

"Gaji tinggal satu amplop," kata Pakde Karwo lalu tertawa. "Besok (Selasa (12/2/2019) tepat pukul 24.00 saya dan Gus Ipul tidak lagi menjabat. Digantikan Bu Khofifah dan Mas Emil," katanya.


Pada saat ini, sejumlah hadirin mengatakan, "yang menerima gaji." Lalu Pakde Karwo tertawa.

"Bu Khofifah dan Mas Emil yang meneruskan kereta atau kapal ini, menuju ke tujuan yang diharapkan seluruh masyarakat Jawa Timur," katanya disambut riuh tepuk tangan hadirin.

Setelah Pakde Karwo, giliran tokoh Forkopimda Jatim menyampaikan kalimat perpisahan kepada Pakde Karwo dan Gus Ipul sekaligus selamat datang kepada Khofifah dan Emil.

Laksamana Muda TNI Wintoro Yulianto Panglima Komando Armada II di Jawa Timur menyampaikan kesannya selama bertugas bersama Pakde Karwo.

Menurutnya, baik Pakde Karwo maupun Gus Ipul keduanya adalah pemimpin yang murah senyum. Sementara kepada Khofifah dan Emil, dia mengajak mereka naik kapal baru.

Inspektur Jenderal Polisi Luki Hermawan Kapolda Jatim juga mengenang bagaimana ketika bertugas bersama Pakde Karwo. Bagaimana dirinya disambut di Jawa Timur.

"Kenapa enggak dari dulu saya jadi Kapolda di sini. Bu Khofifah, betul, di sini mantap. Nanti pasti saya dukung untuk penyambutan di sini," katanya.

Luki juga mengatakan, dengan nada bercanda, atas izin Pakde Karwo-lah dia mengamankan VA, artis tersangka prostitusi online yang sedang marak diberitakan.

Tampak hadir di Gedung Negara Grahadi, sejumlah kepala daerah di Jawa Timur seperti Ipong Muchlissoni Bupati Ponorogo, Muhammad Nur Arifin Wakil Bupati Trenggalek, juga Budi Sulistyono Bupati Ngawi yang sempat menyampaikan sambutan mewakili kepala daerah lainnya.

Sementara, Saifullah Yusuf Wakil Gubernur atau Gus Ipul sendiri tidak menghadiri acara ini. Demikian juga Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya yang juga tidak tampak di lokasi.(den/iss/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.