KELANA KOTA

Millennial Road Safety Festival, Langkah Polda Jatim Kurangi Jumlah Kecelakaan

Laporan Agustina Suminar | Sabtu, 16 Februari 2019 | 11:07 WIB
AKBP Aldian Wadirlantas Polda Jatim saat talkshow di Studio Radio Suara Surabaya, Sabtu (16/2/2019). Foto: Iping suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Dalam rangka mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kaum milenial di Indonesia, Polda Jatim menyelenggarakan "Millennial Road Safety Festival", pada Minggu, 17 Maret 2019 mendatang di Surabaya, berpusat di Tugu Pahlawan dan Jembatan Suramadu.

AKBP Aldian Wadirlantas Polda Jatim dalam talkshow di Radio Suara Surabaya, Sabtu (16/2/2019) mengatakan, acara ini sebagai wujud keprihatinan kepolisian terhadap angka kecelakaan yang tinggi dan ajakan kepada kaum milenial untuk lebih peduli dan lebih safety dalam berlalu lintas.

"Pada 2018, kecelakaan lalu lintas yang tercatat di Polda Jatim ada 24.688 kasus dan jumlah korban meninggal dunia mencapai 5.257 jiwa, 1.267 diantaranya adalah milenial. Itu yang tercatat dan meninggal, belum yang tidak dilaporkan dan yang luka berat maupun ringan," kata Aldian.

Selain karena kasus kecelakaan yang tinggi, lanjut Aldian, acara tersebut juga sebagai cooling system di tahun politik yang riuh, padahal menurutnya ada kasus yang lebih urgent dilupakan.


AKBP Aldian Wadirlantas Polda Jatim saat talkshow di Studio Radio Suara Surabaya bersama Iman penyiar SS. Foto: Iping suarasurabaya.net

Ada banyak acara yang akan digelar dalam rangkaian "Milenial Road Safety Festival", diantaranya entreprenuer expo dari semua kota dan kabupaten di Jatim, safety freestyle sepeda motor, 3on3 basket, skateboard, fun walk dari sisi Bangkalan, atraksi marching band, penampilan 500 penari kolosal gandrung dari Banyuwangi, serta penandatanganan deklarasi "Milenial Road Safety" yang berisi kesanggupan untuk berjanji menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

"Selain itu nanti juga ada pemecahan rekor muri, yaitu pembentangan bendera merah putih sepanjuang lima kilometer tanpa terputus diatas jembatan, giant banner di dua tiang utama pilar Suramadu dari kawan-kawan pemanjat tebing Indonesia, Kepolisian Air akan melakukan kegiatan dibawahnya, Kepolisian Udara akan berputar di atas, dan penampilan dari Via Vallen penyanyi dangdut, intinya kegiatan meriah di Suramadu, tapi tetap memperhatikan aspek keamanan," paparnya.

Acara ini, kata Aldian, akan digelar di ruas bentang radius 1,2 hingga 1,6 kilometer Jembatan Suramadu yang berstruktur, yakni di kaki jembatan bagian Surabaya. Sistem parkir akan disediakan di sepanjang jalan Kedung Cowek dan sekitarnya. Selain itu, gelaran car free day di tujuh titik di Surabaya akan di tiadakan, dan nantinya akan dipusatkan di Tugu Pahlawan.

Sekadar diketahui, selain di Jawa Timur, kegiatan tersebut juga akan digelar di seluruh Indonesia dan puncaknya pada Minggu, 31 Maret 2019 di Jakarta. Yang akan dihadiri oleh Joko Widodo Presiden dan pejabat utama yang ada di Jakarta. (wil/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.