KELANA KOTA

Worldship Orchestra Jepang Ajak Anak-anak Surabaya Kenali Musik

Laporan J. Totok Sumarno | Kamis, 14 Maret 2019 | 20:43 WIB
Anggota Worldship Orchestra dari Jepang mencoba bermain Angklung. Foto: Totok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Untuk kesekiankalinya, kelompok Worldship Orchestra Jepang mendatangi Kota Surabaya, dalam rangka berbagai ilmu serta mengajak anak-anak dan remaja mengenali musik. Kamis (14/3/2019) kelompok nir laba ini mampir di SMA Nation Star Academy (NSA) Surabaya.

Memainkan sejumlah komposisi dalam orkestra kecil, anggota kelompok Worldship Orchestra dari Jepang yang beranggotakan pelajar mulai dari setingkat SMP hingga SMA di Jepang itu, kemudian diberikan kesempatan menyaksikan penampilan kelompok Kolintang dan Angklung.

"Mereka secara khusus kembali hadir di Surabaya, seperti tahun lalu untuk mengajak anak-anak dan remaja di Indonesia khususnya di Kota Surabaya mengenali musik, serta mau belajar musik sebagai bagian dari proses pembelajaran," terang Setyawan Nanang Local Coordinator untuk Indonesia.

Menurut Nanang, untuk kelima kalinya kelompok Worldship Orchestra hadir di Surabaya dan kali ini mampir di SMA Nation Star Academy (NSA) Surabaya sebagai bagian dari tour mereka kesejumlah negara di kawasan Asia.


Dalam penampilannya mereka juga memberikan informasi bahwa musik memberikan pengetahuan serta keterampilan bagi siapapun yang belajar untuk mencegah agar tidak terjerumus pada hal-hal yang negatif dan tidak produktif.

"Setelah jam pelajaran sekolah, alangkah bijak dan bermanfaat jika anak-anak diajak untuk belajar bermain musik. Karena dengan menggunakan waktu untuk hal-hal positif seperti belajar musik, maka anak-anak atau remaja dapat terhindar dari kegiatan-kegiatan negatif. Ini pesan penting yang dibawakan kelompok Worldhsip Orchestra," tambah Iwan sapaan Setyawan Nanang.

Saat hadir di SMA NSA, para anggota Worldship Orchestra disuguhi permainan Kolintang dan Angklung yang kemudian juga memberikan kesempatan bagi mereka menjajal alat musik dari Bambu dan kayu tersebut.

Dijadwalkan pada Minggu (17/3/2019) kelompok Worldship Orchestra dari Jepang ini akan tampil membawakan komposisi-komposisi pilihan di sekolah NSA. "Masyarakat yang ingin hadir silahkan karena pertunjukan ini tidak dipungut biaya," pungkas Iwan.(tok/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.