KELANA KOTA

Livi Zheng Produksi Film di Jatim Juli Mendatang, Khofifah: Dia Bawa Kamera Sekelas Jurassic World

Laporan Denza Perdana | Rabu, 20 Maret 2019 | 19:49 WIB
Livi Zheng Sutradara sekaligus Produser film Hollywood saat bertemu dengan Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur, Rabu (20/3/2019). Foto: Humas Pemprov Jatim
suarasurabaya.net - Livi Zheng Sutradara sekaligus Produser film Hollywood kelahiran Jawa Timur akan memproduksi film di Jawa Timur pada Juli mendatang. Ini seperti dikatakan Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur, Rabu (20/3/2019).

"Livi Zheng, tanggal 5-13 Juli akan datang kembali ke Jatim dan bawa seluruh kekuatan alat rekamnya untuk mengangkat budaya Jatim. Kamera yg dibawa sekelas buat film Jurassic World," kata Khofifah saat menghadiri acara bersama Puan Maharani Menteri PMK di Surabaya.

Menurutnya, banyak budaya Jawa Timur yang bisa diangkat ke film. Dia contohkan, Kisah Raja Arya Wiraraja. Menurutnya budaya ini bila diangkat akan menjadi kolosal luar biasa. Dia meminta Livi agar mengangkat tradisi seperti ini ke Hollywood.

"Yang saya minta Jatim, dia rekam budaya Jatim. Terus saya bilang, jangan lupa Bromo, Gili labak, Gili Iyang. Karena ternyata yang dapat (wisata alam yang indah) Madura semua," kata Khofifah.


Sebelumnya, kemarin, Selasa (19/3/2019), Khofifah menyampaikan kepada Livi Zheng di Gedung Negara Grahadi tentang harapannya agar ada revitalisasi budaya lokal Jatim supaya lebih dikenal masyarakat dunia.

"Saya sempat mengupload di instagram, ada tontonan ludruk gratisan di Surabaya, tapi peminatnya sangat sedikit. Karena itu saya sangat ingin ada revitalisasi budaya," kata Khofifah di hadapan Livi Zheng.

Khofifah menambahkan, tontonan ludruk kumpul bocah pernah diujicobakan hingga dipublikasi di sebuah radio swasta ternama di Surabaya. Namun demikian, respon masyarakat kurang antusias dan penontonnya juga sangat sedikit.

"Padahal Ludruk Jawa Timuran ini sangat menghibur, apalagi parikannya bersifat satir yang sangat mengena," kata Gubernur perempuan pertama di Jatim ini.

Livi Zheng menyambut baik tawaran yang disampaikan Khofifah. "Saya siap, Ibu Gubernur, ikut mempromosikan Jatim, apalagi keluarga besar saya adalah asli Blitar," katanya.

Livi Zheng mengatakan, dia sebenarnya sudah beberapa kali mengerjakan proyek film di Jatim. Salah satunya tentang budaya Karapan Sapi yang identik dengan Madura.

Film ini dibuat untuk meraih gelar S-2 nya di salah satu universitas di California itu mendapat apresiasi yang baik dari universitasnya. "Diakui sebagai salah satu karya terbaik," katanya.

Dia mengatakan, budaya di Jatim sangat layak diekspose dan dijual. Maka dalam waktu dekat ini, dia pun akan kembali memproduksi sebuah film yang mengangkat kebudayaan di Jawa Timur.

Kemarin, Livi meminta dukungan dan restu dari Khofifah serta mengajaknya menonton film "Bali Beats of Paradise" yang akan dilaunching pada Juli mendatang.(den/dwi)
Editor: Dwi Yuli Handayani



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.