KELANA KOTA

Nelayan Jawa Timur Waspadai Gelombang Tinggi Akibat Siklon Tropis Veronica

Laporan Ika Suryani Syarief | Minggu, 24 Maret 2019 | 14:16 WIB
Ilustrasi.
suarasurabaya.net - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maritim Perak, Surabaya mengimbau nelayan di Jawa Timur untuk mewaspadai gelombang tinggi pada Minggu (24/3/2019) sampai Rabu (27/3/2019) pukul 07.00 WIB.

Ady Hermanto, prakirawan BMKG Maritim Perak melalui edaran pers menjelaskan, terdapat siklon tropis Veronica (948 hPa) di Samudera Hindia barat laut Australia.

Siklon ini menciptakan pola tekanan rendah 1008 hPa di Samudera Pasifik timur laut Papua. Akibatnya, ada peningkatan tinggi gelombang 1,25 - 2,5 meter di Laut Jawa (perairan utara Jawa Timur) dan 2,5 - 4,0 meter di Samudera Hindia (perairan selatan Jawa Timur).

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi serta wilayah pelayaran padat seperti Laut Jawa agar tetap selalu waspada," ujarnya.


Berikut rincian batas kecepatan angin dan tinggi gelombang tinggi yang berisiko terhadap keselamatan pelayaran.
1. Perahu Nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m);
2. Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m);
3. Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m);
4. Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).(iss)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.