KELANA KOTA

Surat Cinta untuk Unesa di Lembar Buram UTBK

Laporan Agung Hari Baskoro | Minggu, 14 April 2019 | 14:06 WIB
Surat yang ditulis M. Rafly Adam. Foto: Istimewa
suarasurabaya.net - Ujian tak melulu selalu tentang hal-hal serius dan menegangkan. Kejadian unik yang terjadi di UTBK Unesa pada Sabtu (13/4/2019) salah satunya. Alih-alih tegang mengerjakan soal-soal yang ada, seorang peserta justru menuliskan "surat cinta" untuk Unesa di lembar buram yang dibagikan oleh panitia.

Dalam kertas buram yang harusnya dimanfaatkan untuk berhitung tersebut, seorang peserta bernama M. Rafly Adam menuliskan bahwa dirinya ingin lulus dan diterima oleh Universitas Negeri Surabaya. Tak lupa ia juga mengucapkan terima kasih dan menandatangani surat tersebut.

Hal itu diketahui setelah Vinda Maya Setianingrum Humas Unesa berkeliling di beberapa ruangan ujian usai sesi II selesai dan mendapat laporan dari pengawas ketika berada di ruangan T1 Fakultas Bahasa dan Seni.

"Kita kumpulin kertas buram, ternyata ada salah satu yang isinya kayak gitu. Mangkanya tadi kan saya foto, saya jadi ingat sebenarnya kan mirip-mirip kayak Dilan yang proklamasi itu loh," ujar Vinda pada suarasurabaya.net yang merujuk pada salah satu adegan dalam film Dilan 1990.

Kejadian unik ini pun sempat menjadi pembahasan di panitia UNBK Unesa. Vinda menyebut, temuan ini menjadi salah satu indikator bahwa siswa masih memilih lokasi ujian UTBK karena ingin mendaftar kuliah di tempat tersebut.

"Padahal kan tidak berpengaruh sama sekali. Toh ini belum SBMPTN. Tapi ternyata masih ditemui anak yang kalau aku pengen Unesa ya lokasi ujiannya di Unesa, kalau pengen Unair, ya harua di Unair ujiannya," ungkapnya.

Sebagai informasi, Unesa menjadi salah satu PTN yang dimandati untuk menggelar UTBK di Surabaya. Pada hari pertama pada Sabtu (13/4/2019), UTBK di Unesa diikuti oleh 1504 peserta di setiap sesi. Ujian ini akan berlangsung hingga 26 mei 2019 setiap hari sabtu dan minggu, dengan total dua puluh sesi. Hasil tes ini akan menjadi modal siswa untuk mendaftar Perguruan Tinggi Negeri. (bas/iss)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.