KELANA KOTA

WhatsApp Down, Pengguna Ramai-Ramai Pindah ke Twitter

Laporan Denza Perdana | Minggu, 14 April 2019 | 19:07 WIB
Karikatur yang beredar di Twitter untuk menggambarkan situasi yang sedang terjadi ketika WhatsApp, Facebook, dan Instagram down. Foto: twitter.com
suarasurabaya.net - Sejak Minggu (14/4/2019) sore, WhatsApp tiba-tiba tidak bisa diakses. Pengguna tidak bisa mengirim maupun menerima pesan. Ini bukan gangguan penyedia layanan telekomunikasi selular. Tidak ada pesan tentang gangguan ini yang masuk ke ponsel.

Ternyata, tidak hanya WhatsApp, pengguna layanan di banyak negara juga mengeluhkan gangguan saat mengakses akun media sosial Facebook dan Instagram mereka. Di Indonesia, tagar tentang #whatsappdown menjadi topik yang sedang tren dibicarakan di Twitter.

Situs downdetector.com telah menerima ribuan keluhan dari seluruh dunia. Menurut situs ini, WhatsApp mengalami gangguan sejak pukul 06.58 pagi waktu timur Amerika Serikat (EDT) atau sekitar pukul 17.58 WIB.

Sebagian besar pengguna platform yang melapor ke downdetector menyebutkan, mereka mengalami gangguan konektivitas dan gangguan saat pengiriman atau penerimaan pesan. Sedangkan sebagian kecil lainnya, mereka mengalami gangguan saat melakukan log-in.

Di Indonesia, tagar tentang #whatsapdown menjadi trending topic dengan jumlah penge-twit mencapai 74,8 ribu akun pada pukul 19.03 WIB. Tagar mengenai gangguan Facebook dan Instagram juga sempat berada di urutan selanjutnya.



Indonesia menjadi salah satu negara yang terdeteksi mengalami gangguan, yang ditunjukkan warna merah. Ini adalah peta gangguan WhatsApp yang dilansir situs downdetector.com. Foto: tangkapan layar

Sebuah karikatur yang menggambarkan bagaimana situasi yang terjadi saat ketiga platform itu down ramai beredar di Twitter. Karikatur itu menggambarkan orang-orang yang berada di pintu dengan petunjuk berbunyi "WhatsApp, Facebook, Instagram," sedang berbondong-bondong ke pintu lain dengan petunjuk berbunyi "Twitter."

Ya, banyak pengguna WhatsApp, Facebook, dan Instagram yang mengeluhkan gangguan ketiga platform itu di Twitter. Salah satu pengguna twitter, pemilik akun @RiaCooky mengatakan, "Lari ke twitter ajha, wa lagi down.. Klu ngk ke line..."

Demikian halnya pemilik akun @dijuncotton yang mengatakan, "pantas sajaaa sudah diutak atik masih aja sama, ya pindah saja lahh."

Sampai saat ini, belum ada keterangan resmi dari Facebook sebagai pemilik dua platform lainnya (WhatsApp dan Instagram). Banyak orang yang kebingungan mengapa situs itu mengalami masalah lagi, karena sebelumnya situs-situs ini juga sempat mengalami gangguan.(den)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.