KELANA KOTA

Belajar Keberagaman, Siswa SMAK St. Hendrikus ke Klenteng Boen Bio

Laporan J. Totok Sumarno | Selasa, 16 April 2019 | 12:58 WIB
Para siswa SMAK St Hendrikus saat mendapat penjelasan tentang klenteng Boen Bio, Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Belajar langsung makna keberagaman, siswa SMA Katolik St. Hendrikus Surabaya, Selasa (16/4/2019) kunjungi klenteng Boen Bio di Jalan Kapasan, Surabaya.

Belajar langsung makna keberagaman agama, tradisi serta budaya, siswa SMA Katolik St. Hendrikus, Selasa (16/4/2019) mendatangi klenteng Boen Bio untuk melihat dari dekat keberadaan klenteng di kawasan Jalan Kapasan tersebut.

Sekitar 50 siswa kelas XI SMA Katolik St. Hendrikus mendapat penjelasan dari Liem Tyong rohaniawan klenteng terkait sejarah serta fungsi dari klenteng bagi umat.

"Selain untuk bersembahyang, klenteng ini juga menjadi bagian kegiatan sosial kemasyarakatan. Jadi tidak cuma bedoa, umat juga menggelar kegiatan sosial, seperti bakti sosial, di lingkungan klenteng," terang Liem.

Lebih lanjut, Liem memaparkan juga bagaimana keberadaan klenteng sejak bedirinya hingga hari ini yang memang berada dekat dengan perkampungan masyarakat.

Sementara itu, Michael Andrew guru sosiologi SMA Katolik St Hendrikus yang menginisiator kegiatan menegaskan bahwa dengan belajar langsung diharapkan siswa makin mudah memahami keberagaman.

"Kalau mereka melihat langsung, datang ke lokasi, sepertinya lebih memudahkan pemahaman tentang keberagaman itu. Makanya kami ajak mereka ke Boen Bio," terang Michael.

Lewat pertanyaan-pertanyaan langsung para siswa mendapat penjelasan bagaimana klenteng berguna bagi masyarakat sekitar sekaligus memahami bagaimana sejatinya penghargaan pada perbedaan itu sejak lama sudah ada.

"Keberadaan klenteng di dekat perkampungan Kapasan adalah bukti bahwa penghargaan pada perbedaan itu sejak lama ada. Dan tugas mereka sebagai generasi milenial untuk menjaga," tegas Michael.

Usai dari Boen Bio, dijadwalkan para siswa menuju Pura Segara di Kenjeran. Dan sebelum menuju klenteng Boen Bio, siswa SMA Katolik Hendrikus mampir ke sebuah pondok pesantren di kawasan Nginden, Surabaya.(tok/dwi)
Editor: Dwi Yuli Handayani



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.