KELANA KOTA

Jumat Agung, Jangan Lupa Melayani Sesama

Laporan J. Totok Sumarno | Jumat, 19 April 2019 | 20:33 WIB
Membawa Salib Yesus keliling didepan umat menjadi satu diantara bagian dari perayaan misa Jumat Agung. Foto: Totok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Perayaan misa Jumat Agung, Jumat (19/4/2019) umat diingatkan untuk mengasihi sesama, tetapi yang lebih penting lagi adalah mau melayani sesama manusia, seperti tauladan yang dicontohkan Yesus.

"Yesus menauladani manusia dengan melayani murid-muridnya, bahkan membasuh kaki murid-muridnya sebelum melaksanakan perjamuan terakhirnya. Lalu Yesus memanggul sendiri salibnya, kemudian wafat. Ini tauladan yang diberikan kepada kita semua untuk menjadi pelayan sesama manusia," kata Romo Satriyo.

Misa Jumat Agung ditandai dengan membawa Salib Yesus berkeliling mengelilingi gereja. Umat menunggu Salib Yesus melintas lalu menundukkan kepala dan memberikan hormat serta tanda salib.

Setelah di altar, Romo sekali lagi mengangkat Salib Yesus lebih tinggi agar segenap umat yang berada didalam gereja dapat melihat Salib Yesus sebagai simbol bahwa Yesus sudah wafat di kayu salib.


Usia misa Jumat Agung, umat Katolik pada Sabtu (20/4/2019) menggelar misa Paskah dan dilanjutkan pada Minggu (21/4/2019) dengan misa Minggu Paskah.(tok/iss)
Editor: Ika Suryani Syarief



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.