KELANA KOTA

Ribuan Umat Katolik Rayakan Kebangkitan Yesus di Paskah 2019

Laporan Agung Hari Baskoro | Minggu, 21 April 2019 | 17:19 WIB
Ribuan umat Katolik merayakan Paskah 2019 di Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Katedral Surabaya pada Minggu (21/4/2019). Foto: Baskoro suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Ribuan umat Katolik merayakan Paskah 2019 di Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Katedral Surabaya pada Minggu (21/4/2019). Terbagi menjadi empat sesi, ribuan umat Katolik ini mulai merayakan Paskah sejak pukul 07.15 WIB, 09.30 WIB, 16.30 WIB, dan terakhir pada pukul 18.30 WIB.

RD. Yuventius Fusu Nusantoro Romo Kepala Paroki Hati Kudus Yesus Katedral Surabaya mengatakan, Paskah merupakan perayaan iman atas sengsara, wafat, dan kebangkitan Yesus. Ia menyebut, sebelum dapat merayakan Paskah, umat katolik harus melewati berbagai ibadat pertobatan yang dikenal dengan Masa Prapaskah.

"Masa Pertobatan Prapaskah dilaksanakan selama 40 hari. Dimulai pada perayaan Rabu Abu, yang dimulai pada 14 Februari 2019. Masa 40 hari ini diberi nama Aksi Puasa Pembangunan," ujar RD. Yuventius.

Sebelum mencapai perayaan Paskah pada Minggu (21/4/2019), umat Katolik lebih dulu menjalani upacara paskah dalam tiga rangkaian, yaitu Kamis Putih, Jumat Suci, dan lalu memasuki Hari Raya Minggu Paskah.


"Semoga sengsara wafat, dan kebangkitan Yesus membawa berkah damai, dan sejahtera bagi dunia dan semesta, secara khusus di Indonesia," pungkasnya.

Sebagai informasi, Gereja Katolik Hati Kudus Yesus merupakan pusat dari semua gereja katolik di wilayah keuskupan Surabaya. Wilayah Keuskupan Surabaya membentang dari Kota Surabaya, Gresik, Blitar, perbatasan Jawa Tengah, seperti Pacitan, Ponorogo, Ngawi, dan Jawa Tengah seperti Blora, Cepu, dan Rembang. (bas/tin)
Editor: Zumrotul Abidin



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.