KELANA KOTA

Pelindo III Sediakan 17.000 Tiket Kapal Laut dan Bus Gratis untuk Mudik 2019

Laporan Agustina Suminar | Kamis, 25 April 2019 | 21:22 WIB
Ilustrasi. Foto: Istimewa
suarasurabaya.net - Pelindo III menyiapkan 17.500 tiket kapal laut dan bus gratis untuk masyarakat pada musim mudik 2019. Hal tersebut merupakan bagian dari Program Mudik Bareng 2019 yang digagas oleh Kementerian BUMN.

"Sebagai bentuk perhatian Pelindo III pada kebutuhan masyarakat, terutama pemudik kapal laut, jumlah tiket gratis yang disediakan terus meningkat. Di tahun 2019 ini disediakan 17.500 tiket kapal laut dan bus gratis," kata Wilis Aji Wiranata VP Corporate Communication Pelindo III, Kamis (25/4/2019).

Wilis menjelaskan, dari 17.500 tiket gratis yang disediakan, 2.000 tiket diantaranya menggunakan kapal laut yang dilayani oleh kapal-kapal Pelni. Sedangkan 15.500 lainnya adalah tiket bus, yang mengantar penumpang dari pelabuhan ke berbagai kota tujuan mudik di Pulau Jawa.

Dalam Mudik Bareng kali ini, terdapat 5 rute kapal penyeberangan dari Kalimantan ke Jawa. Lima diantaranya yakni dari Kumai-Tanjung Perak, Kumai-Tanjung Emas, Sampit-Tanjung Perak, Sampit-Tanjung Emas, dan Batulicin-Tanjung Perak.


"Semua dilayani oleh kapal milik Pelni, yaitu KM Kelimutu, KM Leuser, KM Binaiya, dan KM Egon. Pada masing-masing rute kapal laut tersebut tersedia 200-300 tiket gratis untuk sekali keberangkatan pada tanggal tertentu yang dimulai H-6 Lebaran," jelasnya berdasarkan keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net.

Wilis melanjutkan, begitu pemudik kapal laut tiba di pelabuhan, mereka bisa langsung melanjutkan naik bus gratis yang telah disediakan.

Di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sendiri tersedia 10.000 tiket bus gratis untuk 5 jurusan ke Cepu, Madiun, Trenggalek, Blitar, dan Jember.

Sedangkan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang ada 5.500 tiket bus gratis dengan tujuan ke Tegal, Wonosobo, Temanggung, Purworejo, Yogyakarta, Solo, dan Purwodadi. Bus gratis di kedua pelabuhan yang dikelola Pelindo III tersebut akan tersedia sejak H-6 Lebaran.

Wilis Aji menghimbau agar calon pemudik dapat segera mendaftarkan diri via internet ke alamat situs website resmi mudik.pelindo.co.id atau dengan mengunduh aplikasi "Mudik Pelindo III" di Google Play.

Setelah terdaftar secara online, calon pemudik dapat mengambil tiket kapal di terminal penumpang pelabuhan keberangkatan dengan menunjukkan kartu identitas resmi (KTP atau SIM) sebagai bukti.

Jadwal keberangkatan kapal sesuai dengan jadwal kapal yang tercantum di tiket Pelni. Begitu pula untuk calon pemudik dengan moda bus, setelah terdaftar secara online dapat mengambil tiket bus gratis di pelabuhan kedatangan (Tanjung Perak dan Tanjung Emas) dengan menujukkan kartu identitas resmi serta Tiket Pelni untuk pemudik gratis moda kapal laut yang melanjutkan perjalanan dengan bus gratis.(tin/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.