KELANA KOTA

Pemerintah Amerika Serikat Buka Pintu Seluasnya untuk Generasi Muda Indonesia

Laporan J. Totok Sumarno | Senin, 13 Mei 2019 | 14:38 WIB
Heather Variava Wakil Duta Besar Amerika Serikat di Indonesia (kiri) saat hadir di Unair Surabaya, menerima cinderamata. Foto: Totok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Heather Variava Wakil Duta Besar Amerika Serikat di Republik Indonesia, Senin (13/5/2019) menyampaikan bahwa pemerintah Amerika Serikat membuka pintu seluasnya bagi generasi muda Indonesia untuk berbagai hal terkait peringatan 70 tahun hubungan antara Amerika Serikat dengan Republik Indonesia.

"Karena kami percaya di masa mendatang Indonesia akan ada di tangan generasi muda. Kami memberikan kesempatan seluasnya bagi generasi muda untuk bisa mengikuti berbagai program yang telah dan ada untuk bisa belajar tentang banyak hal," terang Heather.

Terkait peringatan 70 tahun hubungan antara Amerika Serikat dan Indonesia, Heather mengingatkan bahwa ada banyak kegiatan yang digelar. Mulai dari bidang pendidikan, pertukaran pelajar, mahasiswa dan generasi muda, juga beasiswa, dan berbagai bentuk schollarship lainnya dari Pemerintah Amerika Serikat.

"Selama ini memang sudah berjalan, pertukaran pelajar, mahasiswa, generasi muda. Juga pemberian beasiswa, serta berbagai bentuk schollarship sudah diberikan pemerintah Amerika Serikat. Juga untuk pertukaran kebudayaan, dan beberapa hari yang lalu, secara khusus kapal perang USS Blue Ridge hadir dalam rangka 70 tahun hubungan Amerika dan Indonesia," tambah Heather.


Heather yang memang pernah menjadi Konsulat Jenderal (Konjen) Amerika Serikat di Surabaya, mengaku sangat senang bisa kembali berkunjung ke Surabaya, termasuk hadir dan bertemu dengan para mahasiswa di kampus Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

"Kami tetap membuka pintu seluasnya untuk saling bertukar ide dan gagasan, sebagai upaya untuk memperkuat hubungan Amerika Serikat dengan Indonesia. Ini penting dilakukan, dna dipahami generasi muda dan mahasiswa dimanapun," kata Heather.

Selain menyampaikan banyak hal tentang terbukanya peluang bagi generasi muda dan mahasiswa bisa menempuh pendidikan, dan menimba ilmu di Amerika Serikat lewat program-program beasiswa pendidikan, Heather juga berbagi pengalaman sebagai diplomat saat bertugas di Kota Surabaya, dan sekarang sebagai wakil Duta Besar di Indonesia.

Sementara itu, ditemui usai pertemuan Heather Variava dengan mahasiswa di Ruang Adi Sukadana kampus Unair Surabaya, Senin (13/5/2019), Sartika Soesilowati Dosen Hubungan Internasional Unair menyampaikan bahwa pihaknya ingin mendorong minat serta keberanian para mahasiswa untuk meneladani sukses Heather Variava.

"Sejak beberapa tahun lalu, sebelum Haather menjadi Konjen di Surabaya, beliau banyak membantu penelitan-penelitian yang kami lakukan. Kami berharap para mahasiswa melihat sendiri bagaimana keberhasilan Heather, perempuan yang menjadi diplomat," pungkas Sartika.

Selain mengunjungi Unair, Heather Variava dijadwalkan nantinya juga akan mengunjungi beberapa kampus yang ada di Kota Surabaya dan Malang dalam rangka memperingati 70 tahun hubungan antara Amerika Serikat dengan Indonesia.(tok/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.