KELANA KOTA

Tiga Mahasiswa Ubaya Rebut Prestasi Nasional di Onmipa 2019

Laporan J. Totok Sumarno | Senin, 13 Mei 2019 | 16:13 WIB
Mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) ukir prestasi nasional di Onmipa 2019. Foto: Istimewa
suarasurabaya.net - Tiga mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) menangkan kompetisi Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Onmipa) Perguruan Tinggi se Indonesia. Ubaya menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang membawa pulang medali emas.

Onmipa adalah kompetisi individual yang diikuti oleh 64 peserta dari Universitas se Indonesia. Bidang ilmu yang dilombakan, Matematika, Kimia, Fisika, dan Biologi. Ubaya memborong tiga medali pada bidang Kimia dan Biologi.

Kevin Jayaatmaja, mahasiswa jurusan Teknik Kimia berhasil menyabet medali emas di bidang Kimia. Andika Prasetyo Santoso jurusan Teknik Kimia Ubaya berhasil membawa pulang medali perak di bidang Kimia. Sedangkan Clairine Nathania jurusan Teknik Bioteknologi meraih medali perunggu di bidang Biologi.

"Ini pencapaian luar biasa, mahasiswa Ubaya bisa bertanding dan juara dalam kompetisi tingkat nasional. Potensi mahasiswa Ubaya itu besar dan mampu bersaing dengan unggul di Indonesia. Ini lua biasa," terang Dr. Hazrul Iswadi, S.Si., M.Si., pembina sekaligus pembimbing tim Onmipa Ubaya.


Proses persiapan kompetisi Onmipa cukup panjang dimulai November 2018 melalui Pimus (Pekan Ilmiah Universitas Surabaya). Mahasiswa yang lolos seleksi dalam Pimus, dan memiliki potensi akan dibentuk tim sesuai dengan cabang ilmu kompetisi Onmipa untuk mewakili Ubaya di tingkat LLDIKTI wilayah VII.

Empat mahasiswa Ubaya yang berhasil maju ke tingkat nasional diberikan latihan soal yang serupa dengan kompetisi di tingkat nasional di bawah bimbingan dosen dan alumni Ubaya yang pernah menjuarai kompetisi Onmipa.

"Tradisi membawa pulang medali emas ini sungguh luar biasa prestise. Faktor kemenangan Ubaya adalah mempersiapkan bibit mahasiswa yang berkompeten serta pernah mengikuti OSN di bangku SMA, sekaligus memberikan pembinaan yang baik agar mahasiswa siap dalam mengikuti kompetisi," pungkas Hazrul.

Sementara itu, bagi Kevin Jayaatmaja, mahasiswa jurusan Teknik Kimia yang berhasil menyabet medali emas di bidang Kimia menyampaikan bahwa sejak SMA dirinya memang sering mengikuti berbagai lomba sejenis Onmipa untuk tingkat SMA.

"Saat di Ubaya, beberapa lomba memang pernah kami ikuti. Beberapa juara dan medali sempat kami raih. Persiapan memang kami lakukan dengan bimbingan dosen dan secara terus menerus, serta rutin digelar," terang Kevin.

Dengan medali emas yang berhasil diraih pada Onmipa 2019 kali ini, Kevin berharap pihak Ubaya mempersiapkan peserta atau mahasiswa yang akan bertarung di Onmipa dengan lebih lama. "Agar Ubaya dapat meraih lebih banyak emas. Karena kompetisi ini sangat bergengsi," pungkas Kevin, Senin (13/5/2019).(tok/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.