KELANA KOTA

Jokowi Presiden Menyerahkan Rp55 Juta untuk Zakat Tahun Ini kepada Baznas

Laporan Farid Kusuma | Kamis, 16 Mei 2019 | 16:32 WIB
Joko Widodo Presiden memberikan arahan mengenai pentingnya zakat, Kamis (16/5/2019), di Istana Negara Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Joko Widodo Presiden, hari ini, Kamis (16/5/2019), menyerahkan zakat tahun 2019 kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), di Istana Negara, Jakarta.

Tahun ini, Jokowi menyerahkan zakat sebanyak Rp55 juta. Jumlah zakat Presiden itu lebih banyak Rp5 juta dari yang dia berikan kepada Baznas tahun lalu.

Selain Presiden, sejumlah Menteri Kabinet Kerja, pimpinan lembaga tinggi negara, dan pejabat eselon I di kementerian/lembaga, serta Direksi BUMN juga ikut menyerahkan zakat bersama di Istana Negara.

Sebelum menyerahkan uang tunai kepada petugas amil zakat, Jokowi menyampaikan, zakat penting untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, mengentaskan kemiskinan, serta mendorong Indonesia menjadi pusat ekonomi syariah dunia.


Presiden lalu mengajak semua pihak untuk menyalurkan zakat melalui Baznas supaya lebih aman, teratur secara administrasi, dan penyaluran kepada penerimanya transparan.

"Saya mengajak para muzaki untuk memberikan zakat melalui Baznas supaya lebih aman, dan juga ada keteraturan, tepat penyalurannya kepada mustahiq," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap, ke depan pengumpulan dan penyaluran zakat bisa terintegrasi secara digital serta didukung basis data yang lebih baik, sehingga prosesnya tambah efektif dan efisien.

Sebelumnya, Bambang Sudibyo Kepala Baznas mengungkapkan, dalam lima tahun terakhir, rata-rata pertumbuhan pembayaran zakat di Indonesia, naik sebanyak 26,64 persen. 

Dari potensi zakat senilai Rp232 triliun, sejauh ini yang bisa masuk ke Baznas baru sekitar Rp8,1 triliun.

Pada kesempatan itu, Lukman Hakim Saifuddin Menteri Agama, Agus Gumiwang Kartasasmita Menteri Sosial, Muhadjir Effendy Mendikbud, Arief Yahya Menteri Pariwisata, dan Moeldoko Kepala Staf Kepresidenan juga ikut menyerahkan zakat.

Selain itu, terlihat juga Jenderal Tito Karnavian Kapolri, Prasetyo Jaksa Agung, Anwar Usman Ketua Mahkamah Konstitusi, dan Budi Waseso Direktur Utama PT Bulog.

Sekadar diketahui, penyaluran zakat bersama ini sudah dilakukan Jokowi Presiden dari tahun 2016. Tahun ini, selain di tingkat pusat, sejumlah pejabat daerah juga ikut membayar zakat lewat perwakilan Baznas di masing-masing daerah. (rid/tin/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.