KELANA KOTA

Tiba-tiba Ramadhan, Eksplor Aktivitas Ramadhan dalam Foto

Laporan J. Totok Sumarno | Kamis, 16 Mei 2019 | 21:10 WIB
Pengunjung menunjuk satu diantara karya foto yang dipamerkan pada Tiba-tiba Ramadhan. Foto: Totok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Anggota unit kegiatan mahasiswa (UKM) Communication Photography Club (Ciphoc) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya, Kamis (16/5/2019) pamerkan karya foto bertajuk Tiba-tiba Ramadhan. Sebuah ekplorasi aktivitas masyarakat saat menjalankan puasa di bulan suci Ramadhan.

Beberapa frame foto secara jelas menampilkan aktivitas masyarakat diantaranya saat menjalankan Shalat taraweh, buka puasa bersama, petugas atau takmir masjid yang meneropong bulan melihat Rukyatul Hilal, atau puluhan anak-anak muda yang sedang menunggu saat berbuka puasa.

Pada frame lainnya, ditampilkan arus mudik, masyarakat yang sedang menjalankan Tadarus , juga larisnya penjual Takjil. Karya-karya para mahasiswa ini memang merupakan eksplorasi yang dilakukan anggota Ciphoc Unitomo selama Ramadhan.

"Aku menampilkan aktivitas masyarakat khususnya saat menjalankan puasa Ramadhan. Aktivitas yang bisa jadi juga dilakukan oleh masyarakat lainnya tersebut, mungkin memang biasa saja, tapi aku pengen menunjukkan bahwa Ramadhan adalah peristiwa banyak orang," ujar Ahmad Mukti satu diantara mahasiswa yang memamerkan karyanya.


Secara khusus ke 25 karya foto yang dipamerkan di selasar gedung F kampus Unitomo Surabaya, memberikan inspirasi bagi sejumlah remaja penggemar foto untuk melihat bagaimana mengabadikan aktivitas di puasa bulan Ramadhan.

Haris Yudha mahasiswa jurusan Arsitektur yang jug apenggemar fotografi mengatakan bahwa melihat karya yang dipamerkan kali ini seakan mengajak berkeliling melihat dari dekat masyarakat yang sedang menjalankan ibadah puasa.

"Kalau melihat satu per satu foto yang dipamerkan itu, rasanya seperti ikut berjalan-jalan dengan fotografernya melihat dari dekat aktivitas masyarakat yang sednag menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Mulai dari ngabuburit, sampai dengan Taraweh ditampilkan. Menarik sekali," kata Haris.

Pameran yang dijadwalkan berakhir pada Jumat (17/5/2019) tersebut, merupakan kagiatan rutin yang digelar Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya khususnya oleh mahasiswa anggota UKM Ciphoc.(tok/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.