KELANA KOTA

Taman di Underpass Dikebut Jelang Peresmian 31 Mei

Laporan Zumrotul Abidin | Minggu, 26 Mei 2019 | 12:19 WIB
Taman di sisi utara Underpass Satelit. Foto: Abidin suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) terus berupaya menyelesaikan pembangunan taman di Underpass Bundaran Satelit sebelum nantinya diresmikan pada Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke 726, Jumat 31 Mei 2019 mendatang.

Rochim Yuliadi Kepala Seksi Ruang Terbuka Hujau DKRTH Surabaya mengungkapkan, pembangunan taman dilakukan di sisi utara dan selatan underpass. Taman di kawasan Surabaya Barat itu akan ditanami dengan berbagai macam pohon pelindung dan semak berbunga.

Menurut Rochim, pohon pelindung yang akan ditanam ini seperti bunga tabebuya, pole, trembesi, jacaranda dan lainnya. Sedangkan tanaman semak-semak ini seperti tanaman melati jepang, bugenvil, soka dan lainnya.

"Yang sudah selesai ditanam beberapa hari yang lalu di sisi utara Underpass, sekarang giliran di sisi selatan," kata Rochim, Minggu (26/5/2019).


Rochim menjelaskan total luas lahan untuk dua taman ini adalah 9.520 meter persegi dengan rincian taman sisi utara 4.360 meter persegi dan di sisi selatan 5.160 meter persegi. Dengan luas tersebut, kata Rochim, maka dibutuhkan ribuan tanaman untuk taman di Underpass ini.

"Jenis semak berbunga membutuhkan tanah jenis lumpur agar bisa tumbuh dengan baik. Hal ini disebabkan karena jenis akarnya tidak sekuat pohon tabebuya maupun pohon jenis lainnya," katanya.

Sekadar diketahui, Pemerintah Kota Surabaya menargetkan RTH di Kota Surabaya mencapai luas 30 persen. Tujuannya untuk menjaga suhu udara dan udara bersih di Surabaya. Sedangkan data terkahir hingga, luas RTH di Surabaya mencapai 21,97 persen. (bid)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.