KELANA KOTA

Dubes Inggris Tandatangani Kerjasama dengan GubernurJatim

Laporan Dwi Yuli Handayani | Rabu, 12 Juni 2019 | 21:13 WIB
Moazzam Malik Dubes Inggris untuk Indonesia, ASEAN dan Timor Leste. Foto: cnbcindonesia
suarasurabaya.net - Bukan hanya Jakarta, Surabaya juga termasuk salah satu kota besar di Indonesia yang menjadi fokus Inggris untuk menjalin kerjasama. Dengan jumlah populasi 44 juta jiwa, Jawa Timur tidak jauh bedanya dengan Inggris yang populasinya 66 juta jiwa.

Selama bertugas di Indonesia, Dubes Moazzam Malik telah menyaksikan ekspansi Kedubes Inggris hingga 50 persen. Program Second Cities bertujuan memperluas dan memperdalam hubungan Kedubes Inggris di seluruh Indonesia.

Jawa Timur, termasuk Surabaya telah memanfaatkan kesempatan ini, mengakui bahwa kita memiliki banyak hal untuk saling belajar, dan bersama-sama kita dapat menciptakan kemakmuran bersama dan memperkuat peluang untuk semua. Duta Besar Moazzam Malik dan Gubernur Khofifah akan menandatangani perjanjian untuk memperkuat kerja sama di bidang pendidikan, pengembangan infrastruktur, investasi perdagangan dan ekonomi kreatif.

Duta Besar Malik juga akan bertemu dengan Persatuan Wartawan di Jawa Timur untuk membahas pentingnya kebebasan media untuk demokrasi yang sehat, yang menjadi fokus Menteri Luar Negeri Inggris tahun ini. Beliau juga akan bergabung dengan jamaah untuk salat Jumat danziarah di Masjid Sunan Ampel serta bertemu dengan penerima beasiswa dari anak perusahaan perusahaan Inggris dan merayakan Ulang Tahun Yang Mulia Ratu Inggris Elizabeth II yang ke-93.


"Seiring dengan perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Inggris, kedua negara telah membina sebuah persahabatan yang luar biasa. Kerja sama antara Surabaya, Jawa Timur dan Inggris termasuk dengan kota Liverpool menunjukkan banyak sekali yang dapat kita capai apabila kita bisa mengidentifikasi masalah-masalah dan berbagi peluang.

Kemitraan kami di Surabaya dengan Bu Walikota Risma dan timnya, dan sekarang dengan Gubernur Khofifa dan Pak Wakil Gubernur Emil Dardak sangat kuat. Perjanjian Sister Cities yang ditandatangani oleh Liverpool dan Surabaya tahun lalu adalah tonggak sejarah dan telah membuka jalan untuk peningkatan perdagangan, bisnis, kebudayaan dan hubungan antar individu dengan lebih baik," kata Moazzam Malik Dubes Inggris untuk Indonesia, ASEAN dan Timor Leste, seperti dalam rilis yang diterima suarasurabaya.net.

Dan dengan kepemimpinan Gubernur Khofifah dan Wakil Gubernur Emil Dardak, kemitraan Inggris di luar Surabaya juga sudah terbina. Hubungan Inggris dan Indonesia memiliki dasar yang kuat. "Kami berdua adalah negara demokrasi, negara kepulauan dan masyarakat multi agama. Kami berbagi kecintaan pada makanan, olahraga, musik, seni jalanan, film, sejarah, dan budaya. Ini adalah persahabatan yang luar biasa," ujarnya.

Di dunia yang saling terhubung, Inggris dan Indonesia saling bergantung dengan yang lain. "Kita harus belajar yang terbaik dari satu sama lain, membangun institusi internasional, dan bekerja bersama untuk menciptakan dunia yang sesuai untuk anak-anak dan cucu kita. Surabaya dan Jawa Timur sudah sangat dekat dengan kami, dan hubungan ini akan terus terjalin, dibawah kepemimpinan Dubes Inggris yang baru," pungkasnya. (dwi/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.