KELANA KOTA

Pendaftar PPDB Jalur Prestasi Masih Bisa Ikut Jalur Zonasi Umum

Laporan Agung Hari Baskoro | Sabtu, 15 Juni 2019 | 14:55 WIB
Ikhsan Kepala Dinas Pendidikan Surabaya di Kantor Dinas Pendidikan Surabaya pada Sabtu (15/6/2019). Foto: Baskoro suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Siswa pendaftar PPDB jalur prestasi masih bisa mengikuti jalur zonasi umum jika dinyatakan gagal. Ikhsan Kepala Dinas Pendidikan Surabaya mengatakan, pendaftaran jalur zonasi umum yang dibuka pada tanggal 18 Juni 2019 mendatang ini bisa diikuti oleh peserta yang tidak lolos di jalur prestasi.

Sedangkan, saat ini, kesempatan untuk berganti jalur dari prestasi ke zonasi kawasan sudah tidak memungkinkan lagi. Pasalnya, pendaftar jalur prestasi yang ingin pindah jalur hanya diberi kesempatan hingga pukul 14.00 WIB pada Sabtu (15/6/2019).

"Kemarin kita beri kesempatan, udah bisa ngukur, kesempatan cuma sekian. (Kalau, red) Sudah kelihatan kalah, kita siapkan pembatalan, kita pindah jalur (ke Kawasan, red)," ujar Ikhsan di Kantor Dinas Pendidikan Surabaya pada Sabtu (15/6/2019).

Ikhsan mengatakan, saat ini Dinas Pendidikan tengah menyelesaikan proses verifikasi peserta jalur prestasi. Berkas-berkas yang sebelumnya masuk akan diproses verifikasinya.


"Nanti, yang lolos verifikasi, di sekolah yang dituju langsung, baik yang prestasi nilai, USBN itu, misalnya, prestasi itu kan 5 persen (kuotanya,red). Jadi yang di sekolah itu, di terima 200. Berarti yang diterima 10, dibagi dua, 5 untuk USBN, 5 Olahraga," katanya.

Ia menegaskan, seleksi jalur prestasi akan berupa perangkingan, dari yang tertinggi nilainya hingga pagu terakhir yang tersedia. Ia mengakui, sejak awal, jalur prestasi ini memiliki potensi ketidaknyamanan dari orang tua wali murid, karena tidak bisa mengakomodir banyak orang.

"Dengan yang ini, pertaturan baru, langsung menuju ke sekolah yang diinginkan. Dan langsung berproses bersama pendaftar," ujarnya.

Kuota terbatas juga menjadi alasan lain. Pasalnya, saat ini Dinas Pendidikan tidak bisa mencarikan lagi sekolah satu per satu bagi para siswa berprestasi," (bas/iss)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.